Beranda Bito Sadei Kades Minta Status Lapangan Hatta di Kelola Desa

Kades Minta Status Lapangan Hatta di Kelola Desa

214
eginilah kondisi lapangan hatta milik Pemkab Lebong yang sudah menyemak ditumbuhi berbagai jenis rumput liar lantaran tidak dirawat sebagai mana mestinya.

LEBONG UTARA – Kondisi Lapangan Hatta yang berada di desa Kampung Muara Aman Kecamatan Lebong Utara cukup memprihatinkan. Baaimana tidak, mulai dari tribun yang sudah banyak mengalami kerusakan parah hingga lapangan yang sudah menyemak akibat ditumbuhi berebagai jenis rumput liar karena sudah tak dirawat oleh Pemkab Lebong.

Terkait hal tersebut, pemerintah desa Kampung Muara Aman Kecamatan Lebong Utara meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dapat menyerahkan status lapangan Hatta kepada pihak desa. Tujuannya adalah agar lapangan dapat dimanfaatkan sebagai mana metinya sekaligus bisa menumbuhkan perekonomian warga.

“Saat ini status Lapangan Hatta yang berada dalam wialayah desa kita ini atas milik Pemkab Lebong, jadi dari pada tidak terwat dan dibiarkan terbengalai lebih baik diserahkan ke pihak desa supaya bisa dimanfaatkan sebagai mana mestinya. Lihat saja kondisinya sekarang banunan banyak mengalami kerusakan serta lapang sudah menyemak,” kata Kades Rhodial Ghani ketika dibincangi Radar Lebong.

Menurutnya, jika status lapangan Hatta diserahkan kepada pihak desa sangat dinyakini akan ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan disore harinya, salah satunya olahraga sepak bola maupun olahraga lainnya. Dengan begitu, suasana akan menjadi ramai otomatis warga akan banyak yang ingin berjualan berbagai jenis makanan dilokasi setempat.

“Kalau sore hari banyak aktivitas yang bisa dilakukan dilapangan itukan pasti akan berdampak terhadap ekonomi warga, karena saya yakin akan banyak para pedagang yang akan berjualan dilokasi setempat,” sampainya.

Sementara itu, Kades mengaku bahwa persoalan tersebut sudah sering disampaikan kepada Pemkab Lebong melalui Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong. Selain ke bidang aset juga disampaikan pada saat acara musrenbangcam dan musrenbangkab. Hanya saja, sampai saat ini belum juga ada kejelasan apakah bisa dilimpahkan ke desa atau tidak.

“Apabila status lapangan hatta ini diserahkan kepada pihak desa, maka direncanakan akan dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan di buat sport center, dengan begitu akan sangat banyak aktivitas yang akan dilakukan untuk menumbuhkan perekonomian warga Kampung Muara Aman,” demikian Rhodial Ghani. (bye)