Beranda Nasional Kampung Dalam Gelar Pemilihan Anggota BPD Priode 2021-2026

Kampung Dalam Gelar Pemilihan Anggota BPD Priode 2021-2026

142
Tampak salah satu warga desa Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara memberikan suara hak pilihnya pada pemilihan BPD baru priode 2021-2026.

LEBONG UTARA – Pemerintah Desa (Pemdes) Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara menggelar Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk priode 2021-2026. Dimana, dalam kontestan tersebut terdapat sebanyak 7 calon yang bakal bersaing untuk memperebutkan 5 kursi anggota BPD desa Kampung Dalam. Prosesi pemilihan tersebut dilaksanakan di balai desa setempat pada Sabtu, (6/2).

Berdasarkan hasil penghitungan perolehan suara dari 7 calon yang mendapatkan perolehan suara terbanyak yaitu nomor urut 2 Nunun memperoleh 77 suara, disusul oleh nomor urut 7 Perdi Sona memperoleh 70 suara, nomor urut 5 One Yanti memperoleh 64 suara, kemudian nomor urut 1 Tris memperoleh 56 suara, nomor urut 3 Wawan dan nomor urut 4 Ita Sugiono memperoleh suara yang sama masing-masing 41 suara dan terakhir nomor urut 6 Hesti Kabat memperoleh suara paling rendah sebanyak 37 suara. Sementara untuk suara yang tidak sah sebanyak 27 suara dari total sebanyak 413 mata pilih.

Pjs. Kades Andika Ruslanda, mengatakan setalah kita melukakan musyawarah desa terkait pemilihan anggota BPD priode 2021-2026 bersepakat pemilihan dilakukan dengan cara dipilih lansung oleh masyarakat dan langsung membentuk panitia pelaksana yang dinamakan TIM 11 yang terdiri dari 3 orang perangkat desa dan 8 orang dari masyarakat setempat. Setelah panitia membuka pendaftaran bakal calon (Balon) anggota BPD terdapat 7 calon anggota, ke-7 berkas balon anggota dilakukan verifikasi dan palidasi data, setelah lengkap dan sesuai langsung sehingga dijadwalkan pelaksanaan pemungutan suara tersebut pada Sabtu (6/2).

“Untuk pelaksanaan pemilihan anggota BPD baru ini sudah kita laksanakan, dari 7 calon yang ikut bersaing untuk mengisi 5 kursi BPD untuk priode 2021-2026 hasilnya sudah ditentukan,” kata Andika sapaan akrabnya kepada Radar Lebong.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk diketahui jumlah pemilih didesa kampung dalam sebanyak 413 mata pilih, pemungutan suara dilaksanakan selama satu hari dengan cara pemilihan langsung oleh warga setempat. Dalam pemilihan inipun diikuti dengan antusias warga yang datang ke balai desa untuk memberikan hak pilihnya pada pemilihan anggota BPD. Sedangkan bagi calon yang memperoleh suara yang sama kita memlakukan musyawarah antara 2 kandidat yang memperoleh suara sama bersama Tim 11 panitia pelaksanakan dan kandidat lainnya, dari musyawarah bersama bersepakat untuk melakukan pemilihan ulang antara Wawan dan Ita Sugiano, namun hal ini hanya dilakukan oleh panitia tim 11 ditambah 7 calon anggota BPD.

“Dari hasil pemilihan ulang untuk 2 kandidat dengan 18 pemilih saudara Wawan memperoleh 11 suara sedangkan Ita Sugiono memperoleh 6 suara dan suara 1 batal,” lanjutnya.

Andika menambahkan dari hasil pemilihan langsung anggota BPD tersebut, pemerintah desa sudah mempegang nama-nama anggota BPD yang terpilih, yang mana hasil pemilihan anggota BPD priode 2021-2026 akan kita disampaikan langsung ke pihak Kecamatan Lebong Utara untuk ditindaklanjuti proses pelantikan nantinya, dan untiuk proses pelantikannyatentu kami akan menunggu petunjuk selanjutnya dari pihak Kecamatan, terkait siapa yang bakal menjadi ketua anggota BPD desa Kampung Dalam.

“Tentunya, anggota BPD desa Kampung Dalam yang terpilih adalah wajah baru semua, karena dalam pemilihan BPD ini tidak ada satupun anggota BPD yang sebelumnya ikut mendaftar,” demikian Andika. (bye)