Beranda Hukum Kasus Salah Tombak Resmi Diversi

Kasus Salah Tombak Resmi Diversi

227
Kedua belah pihak kasus salah tombak di Lebong Tengah ini sepakat menyelesaikan perkara tersebut diluar peradilan.

LEBONG – Setelah sebelumnya belum ditemukan kesepakatan antara keluarga korban dan keluarga pelaku dalam perkara kasus salah tombak yang terjadi di Kecamatan Lebong Tengah beberapa waktu lalu, akhirnya kemarin (1/10) kedua belah pihak sepakat menyelesaikan perkara pidana ini diluar pengadilan melalui Diversi.
“Setelah kedua belah pihak melaksanakan musyawarah ditingkat desa, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan perkara pidana ini diluar pengadilan melalui Diversi,” ungkap Kajari Lebong Fadil Regan, SH, MH melalui Kasi Pidum Muhammad Adiansyah, SH, MH, didampingi JPU Sis Sugiat, SH kemarin.
Selain itu, lanjutnya, diversi dilakukan sesuai dengan UU Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak. Dalam pasal 7 menyebutkan penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan perkara anak di pengadilan negeri wajib diupayakan diversi. Selain itu, diversi itu juga bertujuan untuk mencari kesepakatan antar kedua belah pihak.
“Perkara pidana ini tidak akan dilanjutkan ke tingkat Pengadilan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Dan kita nanti juga akan meminta majelis hakim agar dapat mengeluarkan penetapan hasil diversi ini,” terangnya.
Ditambahkannya, dalam sidang diversi pada pokoknya bahwa keluarga pelaku meminta maaf kepada keluarga korban dan keluarga pelaku menyanggupi beberapa persyaratan yang disampaikan oleh keluarga korban. (wlk)