Beranda Nasional Kasus TGR Setwan 2016 Tunggu Finalisasi PKKN

Kasus TGR Setwan 2016 Tunggu Finalisasi PKKN

148
Ronald Thomas Mendrofa

LEBONG – Kendatipun masa tugas auditor BPKP Bengkulu dalam melakukan audit Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN) kasus dugaan korupsi belum dikembalikannya Tuntutan Ganti Rugi (TGR) Setwan Tahun Anggaran 2016 senilai Rp 1,3 miliar, telah resmi berakhir pada 31 Mei yang lalu, namun kelanjutan kasus ini masih menunggu finalisasi PPKN dari BPKP Bengkulu.
“Kita sudah koordinasi dengan tim auditor dan saat ini mereka masih melakukan finalisasi perhitungan nilai kerugian negara,” kata Kajari Lebong, Arief Indra Kusuma Adhi, SH, M.Hum, melalui Kasi Pidsus, Ronald Thomas Mendrofa, SH.
Jika hasil PKKN ini telah diterima, lanjut Ronald, baru kemudian pihaknya akan menjadwalkan ekspose atas kasus ini. Ekspose ini nantinya dilakukan untuk memutuskan kelanjutan dari kasus tersebut termasuk juga menetapkan pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya kerugian negara.
“Kita tidak bisa berasumsi berapa orang tersangka dalam kasus ini nanti, yang jelas siapapun yang terlibat mesti bertanggung jawab,” singkatnya.
Diketahui, kasus ini bermula dari Tuntutan Ganti Rugi (TGR) Rp 1,4 miliar di Sekretariat DPRD Lebong tahun 2016 lalu. Sementara sebesar Rp 100 juta sudah dikembalikan. Setelah kasus ini masuk dalam tahapan penyelidikan Kejari Lebong tidak ada itikad baik pengembalian TGR. Sehingga akhirnya Kejari menetapkan kasus tersebut naik ke tahap penyidikan pada Februari lalu. (wlk)