Beranda Hukum Kejari Lebong Musnahkan Barang Bukti Perkara Pidum

Kejari Lebong Musnahkan Barang Bukti Perkara Pidum

186
Kejari Lebong bersama FKPD dan Bupati Lebong memusnahkan barang bukti perkada Pidana Umum yang telah inkracht.

LEBONG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong kemarin (21/7) melaksanakan pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum (Pidum) yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkracht. Pemusnahan barang bukti yang digelar dihalaman kantor Kejari Lebong ini juga diikuti oleh Bupati, Kopli Ansori, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Lebong.
“Barang bukti yang kita musnahkan ini berasal dari 20 perkara tindak pidana umum yang telah inkracht berdasarkan putusan pengadilan,” kata Kajari Lebong, Arief Indra Kusuma Adhi, SH, M.Hum.
Barang bukti ini beberapa diantaranya adalah perkara pencurian serta perkara judi online. Pemusnahan barang barang bukti ini dilakukan setelah adanya putusan pengadilan dan perkara tersebut dinyatakan inkracht baik itu pada tingkat PN Tubei, Pengadilan Tinggi Bengkulu serta Mahkamah Agung.
Diakuinnya, pemusnahan barang bukti merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setelah perkara yang ditangani memiliki kekuatan hukum yang tetap. Barang bukti yang dimusnakan ini merupakan perkara yang ditangani pihaknya sejak Januari hingga Juli 2021. (wlk)