Beranda Nasional Kemenag Tunggu Surat Resmi Pengembalian BPIH CJH

Kemenag Tunggu Surat Resmi Pengembalian BPIH CJH

98
Hj Yuliana

LEBONG – Meski pemerintah pusat telah resmi membatalkan pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 tahun 2021, namun terkait dengan pengembalian Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) yang telah dilunasi CJH, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong masih menunggu surat resmi dari pemerintah pusat.
“Secara nasional pembatalan ini sudah diputuskan pemerintah pusat, tapi kalau untuk pengembalian BPIH kami masih menunggu petunjuk resmi dari pemerintah pusat,” ungkap Kepala Kantor Kemenag Lebong, H. Heriansyah, S.Ag, MH, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Hj. Yuliana, A.Ma.Pd, kemarin (7/6).
Dijelaskannya, setelah surat resmi tentang pengembalian BIPH diterima oleh pihaknya, CJH hanya bisa mengambil atau menarik BPIH lebih kurang sebesar Rp 10 juta. Jika CJH ingin menarik seluruh BPIH sebesar Rp 25 juta, maka CJH tersebut dinyatakan mundur dari daftar haji.
“Hingga saat ini belum ada CJH yang berkoordinasi ke kita untuk menarik BPIH yang sudah dilunasi tersebut,” ujarnya.
Disisi lain, ia mengaku jika pasport CJH Lebong saat ini masih berada di Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, kemungkinan dalam waktu dekat akan diserahkan ke Kemenag Lebong yang selanjutnya akan diserahkan ke masing-masing CJH.
“Pengembalian pasport ini agar lebih aman. Mungkin dalam waktu dekat ini pasport tersebut sudah kita terima dan akan langsung kita serahkan kepada CJH,” terangnya. (wlk)