Beranda Nasional Kemendagri Sarankan Pemkab Gunakan Perkada APBD

Kemendagri Sarankan Pemkab Gunakan Perkada APBD

252
ILUSTRASI APBD

LEBONG – Kendatipun Badan Musyawaran (Banmus) DPRD Lebong telah menyusul jadwal kegiatan DPRD Lebong termasuk didalamnya lanjutan pembahasan KUA PPAS dan RAPBD 2021 yang akan mulai dilaksanakan hari ini (16/12), namun eksekutif memastikan bakal menggunakan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) APBD. Bahkan, penggunaan Perkada APBD 2021 ini juga sesuai dengan saran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.
Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si, mengaku jika pihaknya telah melakukan konsultasi ke Kemendagri terkait dengan RAPBD 2021 tersebut. Hasilnya, melihat waktu yang tidak efektif lagi untuk dilakukannya pembahasan RAPBD, Kemendagri pun menyarakan Pemkab agar menyusun Perkada APBD 2021.
“Jika melihat dari jadwal yang disusun banmus, pembahasan ini sudah tidak efektif lagi dilakukan. Apalagi, waktu efektif bulan ini (Desember, red) hanya sampai 20 Desember. Kemendagri juga telah menyarankan kita agar menyusun Perkada APBD 2021,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, saat ini penyusunan Perkada APBD ini masih dilakukan pihaknya bahkan saat ini tengah memasuki proses penghitungan pembiayaan wajib dan mengikat seperti belanja rutin dan pelayanan saja serta hutang yang harus dibayarkan oleh Pemkab Lebong tahun 2021 mendatang.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 16 Desember 2020