Beranda Bito Sadei Kesadaran Buang Sampah Pada Tempatnya Masih Minim

Kesadaran Buang Sampah Pada Tempatnya Masih Minim

409
Beginilah kondisi ruas jalan didesa Talang Leak II Kecamatan Bingin Kuning, yang terlihat kumuh akibat masih minimnya kesadaran warga dalam membuang sampah pada tempatnya.

BINGIN KUNING – Kesadaran warga dalam menciptakan lingkungan yang bersih salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya masih sangat minim. Seperti yang terjadi pada wilayah Desa Talang Leak II Kecamatan Bingin Kuning, meskipun sudah kerap diberitahukan oleh pemerintah desa setempat untuk tidak membuang sampah yang bukan pada tempatnya. Namun hingga saat ini sungai dan ruas jalan masih dimanfaatkan warga sebagai tempat pembuang sampah.

Kades Daswen Tanjung mengaku jika kesadaran warga dalam penanganan sampah di desanya masih sangat rendah, mungkin hal ini kerena belum adanya Tempat Pembungan Sampah (TPS) khusus ditambah lagi dengan minimnya kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya. Sehingga banyak tumpukan sampah di dekat sungai dan dipinggir jalan.

“Selain disungai dan pinggir jalan, drainase juga dijadikan warga sebagai tempat pembuang sampah. Hal ini karena masih kurangnya pemahaman warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta minimnya kesadaran warag,” kata Daswen.

Sementara itu kata Daswen, untuk pembangunan TPS sebelumnya sudah direncanakan namun dalam pembangunannya masih terkendala akan lahan, sehingga rencana tersebut hingga saat ini belum juga bisa terealisai. Mengingat belum ada TPS khusus pihaknya menghimbau agar seluruh warga tidak membuang sampah yang bukan pada tempatnya demi kebaikan bersama.

“Sebelumnya sudah pernah diusulkan untuk pembangunan TPS tapi terkendala akan lahan yang strategis, saya berharap seluruh warga tidak lagi membuang sampah sembarangan tempat yang dapat memicu berbagai dampak buruk,” tukasnya. (arp)