Beranda Tubei Kesadaran Pengelolaan Kearsipan Masih Rendah

Kesadaran Pengelolaan Kearsipan Masih Rendah

274
Kepala Bidang Kearsipan, Epan Gustanto saat menunnjukkan ruangan kearsipan.

LEBONG – Tampaknya kesadaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan pentingnya pengelolaan kearsipan masih rendah. Sehingga masih banyak dijumpai pengelolaan arsip yang dikerjakan seadanya bahkan cenderung tidak terurus dengan baik.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lebong Drs H Achmad Gozali melalui Kepala Bidang Kearsipan, Epan Gustanto, SP mengakui akan masih minimnya OPD yang memiliki SOP untuk menyusun arsip.

” Sehingga jangankan membuat, SOP Kearsipan saja mungkin tidak punya,” kata Epan.

Padahal, lanjut Epan, arsip yang telah dibuat oleh OPD tersebut, setiap tahunnya akan dilakukan evaluasi dan pengkajian.

” Namun belum maksimal kita lakukan, karena pengumpulan arsip dari setiap OPD se Pemkab Lebong belum sepenuhnya,” ujar Epan.

Untuk itu, ia memberikan imbauan kepada seluruh OPD agar dapat menyikapi secara seksama Perbub Kearsipan tersebut, agar penggunaan arsip dapat dimanfaatkan bagi kepentingan penggunaaan arsip yang berhak.

“Kita selalu siap untuk menyimpan dan menjaga arsip yang telah di serahkan, baik dalam bentuk berkas asli ataupun file dokumen, agar nanti dapat digunakan sebagaimana keperluannya,” pungkasnya.(cw1)