Beranda Nasional Kontak Erat, Gratis Biaya Swab Antigen

Kontak Erat, Gratis Biaya Swab Antigen

251
Pegawai di Bidang Kefarmasian Dinkes Lebong melakukan aktivitas sesuai dengan tupoksi mereka.

LEBONG – Bagi masyarakat Lebong yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dalam Kabupaten Lebong, dapat melakukan tes swab antigen secara gratis pada unit kesehatan yang di Lebong. Warga yang menunjukkan adanya gejala terpapar Covid-19 dapat melakukan tes swab antigen yang berasal dari bantuan Pemprov Bengkulu.
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, melalui Kasubbid Kefermasian Alkes dan PKTR, Reza Amelia, S.Far, APT, mengungkapkan jika Lebong mendapatkan sebanyak 1.000 pcs alat tes swab antigen. Dari jumlah tersebut, sebanyak 435 pcs telah digunakan dan saat ini tersisa sebanyak 565 pcs.
“Januari lalu kita menerima bantuan dari Pemprov, tapi saat ini tersisa sebanyak 565 pcs, yang lainnya sudah digunakan,” ungkap Reza Amelia kepada Radar Lebong.
Tes swab antigen ini, lanjutnya, khusus diperuntukkan bagi warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan yang memiliki gejala terpapar Covid-19. Sedangkan, untuk swab mandiri dikenai biaya karena dilakukan pada klinik kesehatan non pemerintah.
“Jika ada warga yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 ketika melaukan swab antigen di Puskesmas dengan diminta biaya, maka silakan dilaporkan ke Dinkes agar Puskesmas yang bersangkutan bisa ditindaklanjuti,” lanjutnya.
Ia menambahkan, belum ada swab antigen yang berasal dari APBD Lebong. Meski demikian, tahun ini pihaknya mengusulkan sebanyak 1.000 pcsswab antigen, termasuk juga usulan Alat Pelindung Diri (APD) melalui APBD Lebong.
“Saat ini kita masih memiliki stok 565 PCS swab antigen, kemungkinan masih cukup untuk beberapa bulan kedepan. Akan tetapi kalau memang ada lonjakan kasus positif Covid-19, maka kita akan mengusulkan tambahan ke Pemprov Bengkulu,” tutupnya. (wlk)