Beranda Nasional Launching MT-2, Bupati Tanam Perdana di Kota Baru

Launching MT-2, Bupati Tanam Perdana di Kota Baru

268
Bupati, Kopli Ansori, bersama FKPD Lebong melakukan tanam perdana pada launching MT-2 di Desa Kota Baru.

//Pemkab Bantu Modal Rp 3 Juta Bagi Petani

LEBONG – Dalam rangka mensukseskan Musim Tanam 2 (MT-2) dalam Kabupaten Lebong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Lebong Bahagia dan Sejahtera, kemarin (23/6) Bupati Lebong, Kopli Ansori, turun langsung melaunching MT-2 di Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya. Launching MT-2 ini juga sekaligus sebagai bentuk dukungan Pemkab Lebong terhadap pemerintah desa dalam upaya peningkatan ketahanan pangan bagi masyarakat.
Bupati, Kopli Ansori, mengapresiasi upaya Pemerintah Desa (Pemdes) Kota Baru dalam mensukseskan salah satu program Pemkab Lebong yakni revitalisasi pertanian dalam upaya meningkatkan kemampuan petani menghasilkan komoditas yang berdaya saing serta menjaga produksi beras dengan tingkat ketersediaan hingga mencapai 90 persen. Hendaknya, upaya yang dilakukan Pemdes Kota Baru dapat menjadi contoh bagi pemdes lainnya dalam Kabupaten Lebong, mengajak masyarakat bersama-sama melakukan tanam dan panen 2 kali setahun.
“Untuk mewujudkan Lebong Bahagia dan Sejahtera tentunya tidak bisa hanya dilaksanakan oleh Pemkab Lebong saja, namun hal ini mesti dilakukan bersama-sama seluruh jajaran Pemkab Lebong hingga ke tingkat desa, seperti halnya yang dilaksanakan Pemdes Kota Baru ini. Melalui kegiatan ini, kita (Pemkab) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan membagikan bantuan bibit padi lebih kurang 1,5 ton untuk petani,” kata Bupati.
Sebagai motivasi bagi petani lain dalam Kabupaten Lebong, Bupati menjanjikan bakal memberi bantuan modal sebesar Rp 3 juta bagi petani yang melakukan tanam dua kali setahun. Namun, dirinya mengingatkan agar bantuan modal yang diberikan ini benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan tanam dan panen 2 kali setahun yang menjadi salah satu program Pemkab Lebong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Jika program ini berhasil dilaksanakan seluruh masyarakat di Lebong, tidak hanya akan terjadi peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat saja, namun hal ini akan menjaga tingkat produksi beras serta menjaga ketersediaan beras untuk kemandirian pangan,” ujarnya.
Ditambahkannya, launching MT-2 ini rencananya juga akan digelar di Desa Embong I dan Desa Embong Uram. Karena itu, dirinya mengajak seluruh desa lain dalam Kabupaten Lebong untuk bersama-sama melaksanakan MT-2 sehingga program peningkatan ketahanan pangan yang menjadi program ketahanan pangan nasional dapat tercapai di Kabupaten Lebong.
Ditempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Kota Baru, Abdullah, berharap kegiatan ini dapat membantu peningkatan produktivitas padi dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Kota Baru. MT-2 ini dilaksanakan pihaknya pada lahan seluas 50 hektar yang di sewa melalui BUMDes dari 79 orang warga pemilik lahan.
“Total bibit padi yang kita tanam pada lahan tersebut mencapai lebih kurang 700 Kg. Sedangkan sisa dari bantuan bibit yang kita terima dari Pemkab Lebong ini akan kita gunakan pada musim tanam selanjutnya,” singkatnya.
Launching MT-2 ini kemarin, juga dihadiri Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, perwakilan Polres Lebong, perwakilan Kejari Lebong, Sekda Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si, Bank Bengkulu Cabang Muara Aman (Babe MaMan), Camat Uram Jaya, Iwan Jang Jaya, SE, Kepala Desa se-Kecamatan Uram Jaya. (rak)