Beranda Nasional Lebaran, 2 Pintu Masuk Lebong Bakal Dijaga Ketat

Lebaran, 2 Pintu Masuk Lebong Bakal Dijaga Ketat

538
Rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral persiapan pengamanan lebaran Idul Fitri di ruang command center Polres Lebong.

LEBONG – Jelang lebaran Idul Fitri 1442 H, Polres Lebong kemarin (28/4) menggelar rapat lintas sektoral persiapan pengamanan Idul Fitri 1442 bersama jajaran Pemkab Lebong serta instansi terkait. Guna mengamankan lebaran mendatang, rencananya akan dilakukan penjagaan ketat pada 2 pintu masuk Kabupaten Lebong yakni di Desa Bioa Sengok Kecamatan Rimbo Pengadang dan Desa Tik Tebing Kecamatan Lebong atas dengan mendirikan posko pengamanan (pospam).
Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, SIK, melalui Kabag Ops AKP. Rafenil Yaumil Rahman, SH, menjelaskan ada beberapa opsi pengamanan lebaran di Kabupaten Lebong nantinya, terlebih dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang saat ini masih terjadi. Pertama, bakal didirikannya pospam pada 2 titik pintu masuk dalam Kabupaten Lebong yang akan mengawasi akses masuk dan keluar Kabupaten Lebong.
“Bedanya, jika lebaran tahun lalu, kita melakukan penutupan akses masuk dan keluar Lebong secara total tapi ditahun ini hanya akan dilakukan screening (pemeriksaan) terhadap warga yang akan masuk ke Lebong. Jadi warga yang datang dari luar, akan diperiksa lebih dulu dengan catatan Pemkab Lebong menyiapkan alat test swab. Tapi jika Pemkab tidak menyiapkan alat tersebut, maka warga yang akan masuk ke Lebong wajib untuk membawa hasil test swab mandiri,” ujarnya.
Opsi kedua, lanjutnya, dengan mendirikan 3 posko dititik-titik yang bakal menjadi pusat keramaian warga seperti di sekitar Masjid Agung Sultan Abdullah, di Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Atas dan pos pelayanan di kawasan Pasar Rakyat Lebong.
“Tetapi ini mesti didasarkan dengan edaran resmi dari Pemkab Lebong, sehingga bisa segera disosialiasikan kepada masyarakat. Termasuk juga, penyiapan dana operasional bagi petugas yang akan dilibatkan pada operasi Ketupat Nala 2021,” terangnya.
Rakor lintas sektoral persiapan pengamanan Idul Fitri 1442 yang dilaksanakan di ruang command center Polres Lebong ini kemarin dipimpin Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi, M.Pd dan dihadiri oleh Kapolres Lebong, Pabung Kodim 0409 Rejang Lebong, Mayor Inf L. Damanik, Kejari Lebong, Arief Indra Kusuma Adhi, SH, M.Hum, Ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, serta beberapa OPD Pemkab Lebong. (wlk)