Beranda Nasional Lebong Kekurangan 546 Tenaga Guru

Lebong Kekurangan 546 Tenaga Guru

155
Kebutuhan tenaga guru di Lebong masih belum teratasi.

LEBONG – Kendatipun, tahun ini penerimaan CPNS untuk tenaga guru dibuka, namun problematika kekurangan tenaga guru belum dapat teratasi. Apalagi dalam tempo 2 tahun terakhir ratusan orang guru sudah pensiun.
” Jadi untuk kebutuhan tenaga guru kita sangat kurang, sedangkan perekrutan PNS oleh pemerintah belum mampu memenuhi kebutuhan guru di kabupaten kita,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud ) H. Guntus S, Sos melalui Kasubag Kepegawaian Dikbud Mezi Haryani S.Sos kepada Radar Lebong.
Disebutkan Mezi, kebutuhan tenaga guru PNS untuk 91 SD dan 24 SMP yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Lebong berjumlah 1473 orang. Akan tetapi jumlah guru PNS yang ada saat ini hanya berjumlah 927 orang guru PNS.
” Jumlah ideal guru PNS yang diperlukan mencapai 1473, tapi yang ada saat ini hanya berjumlah 927 yang tersebar di seluruh SD dan SMP dikabupaten Lebong, artinya kita masih kurang sebanyak 546 guru PNS, ” sebut Mezi.
Diakui Mezi sebagian besar kekurangan guru PNS tersebut terutama untuk guru pendidikan agama islam dan pendidikan jasmani ( Penjas ), sehingga untuk memenuhi kebutuhan itu banyak satuan pendidikan yang mensiasatinya dengan mempekerjakan guru honorer.(bersambung)

Baca edisi lengkap di SKH RL 10 November 2020……