Beranda Nasional Lelang Kendis Butuh Anggaran Rp 150 Juta

Lelang Kendis Butuh Anggaran Rp 150 Juta

130
Inilah kendis yang dikandangkan di halaman Bidang Aset dalam kondisi rusak berat.

LEBONG – Meskipun dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong telah mengandangkan 327 kendaraan dinas (Kendis) dari seluruh OPD yang dipersiapkan untuk proses lelang kendis tersebut.
Hanya saja, hingga saat ini pelaksanaan lelang kendis belum terlaksana. Pasalnya, untuk melaksanakan lelang kendis tersebut membutuhkan anggaran senilai Rp 150 juta.
“Untuk anggarannya tidak sedikit, sedangkan saat ini kita hanya memiliki anggaran senilai Rp 50 juta dari APBD murni,” kata Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong Erik Rosadi, SSTP, M.Si melalui Kabid Aset Rizka Putra Utama, M.Si
Dijelaskannya, bahwa anggaran yang dibutuhkan ini diperuntukkan membayar jasa pihak ketiga yang melibatkan dalam lelang. Salah satunya Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu.
“Anggaran yang kita punya sekarang untuk membayar pihak ketiga saja tidak cukup. Karena kita libatkan KJPP untuk menghitung limit harga setiap kendis yang akan dilelang, sedangkan KPKNL Bengkulu berwenang melaksanakan proses lelangnya. Untuk itu, saat ini tahapan persiapan masih berjalan,” jelasnya.
Dan dari 327 unit kendis yang akan dilelang tersebut, terdiri dari 300 unit berupa motor dinas (tornas) dan 27 Mobil Dinas (Mobnas) dan hampir 80 persen kondisinya sudah rusak berat.
“Jika kita paksakan tetap dipakai itu tidak akan efektif dan juga butuh biasa besar untuk perbaikan. Dimana, dari lelang ini kita harapkan mampu menghasilkan Rp 1M ,” tandasnya.(dap)