Beranda Bito Sadei Longsor, TPT Ambruk

Longsor, TPT Ambruk

166
TPT yang berada di Desa Sukau Datang ambruk.

PELABAI – Hujan deras yang terus menguyur Lebong dalam beberapa pekan ini. Selain, musibah banjir yang menerjang Kecamatan Uram Jaya. Musibah bencana berupa tanah longsor hingga membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) yang dibangun di lapangan balai desa Sukau Datang ambruk dengan ketinggian 3 hingga 4 meter.
” Iya memang benar, TPT ambruk akibat tanah longsor yang terjadi pada minggu sore lalu akibat hujan deras. Ambruknya TPT ini nyaris memakan korban pengendara yang kebetulan tengah melintasi jalan tersebut,” kata Kades Sukau Datang,Yoles Varolin
Meski begitu, kata Kades, TPT yang ambruk tersebut tidak seluruhnya mengalami kerusakan. Bahkan, fislik TPT yang dibangun tersebut, Yoles mengaku jika itu bukan kewenangan desa, namun kewenangan OPD terkait.
“Pembangunan yang dari desa, hanya berupa TPT yang di atas dan untuk yang di bawah itu bangunan dari PU,” jelas Yoles.
Yoles menambahkan, agar tak kembali terjadi kerusakan. Maka, direncanakan dari desa akan kembali membangun TPT tersebut.
” Insyaallah akan langsung dibangun lagi, takut nantinya jika lalai untuk membangunnya lagi sehingga bisa terjadi longsor lagi, karena lapangan di balai desa itu ditahan oleh TPT tersebut,” tukasnya.(ae3)