Beranda Bito Sadei Mantapkan Persiapan Musrenbangcam, Kecamatan UJ Gelar Pra Musrebang

Mantapkan Persiapan Musrenbangcam, Kecamatan UJ Gelar Pra Musrebang

145
Camat Uram Jaya pada saat memimpin kegiatan pra musrenbang penyusunan usulan yang diinput dalam SIPD

URAM JAYA – Guna untuk mematangkan persiapan prosesi pelaksanaan Musrenbangcam tingkat Kecamatan yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 17 Febuari 2021 mendatang, Kecamatan Uram Jaya menggelar kegiatan pra musrenbang bersama seluruh pemerintah desa. Kegiatan pra musrenbang dimaksud untuk memantapkan usulan desa yang diinput dalam Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Desa (SIPD) yang mana nantinya akan dibahas dalam Musrenbangcam.

“Iya, belum lama ini kita sudah melaksanakan kegiatan pra musrenbang yang diikuti seluruh pemerintah desa se-Kecamatan Uram Jaya,” ujar Camat Iwan Jang Jaya, SE saat dikonfirmasi Radar Lebong.

Lebih jauh Camat menjelaskan musrenbang dilaksanakan dalam rangka melaksanakan amanat tentang rencana pembangunan desa dan juga tentang keuangan daerah, maka dari itu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai pelaksanaan rencana pembangunan.

“Untuk pelaksanaan musrenbangcam ini nanti akan dilaksanakan secara pirtual. Yang mana di hadiri oleh seluruh kades dan operator desa mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan terjadi,” jelasn Camat.

Disisi lain kata Camat, mengingat banyaknya masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) telah habis. Dirinya berkharap masing-masing pemerintah desa bisa segera melaksanakan kegiatan pemilihan anggota BPD baru. Apalagi, saat ini sudah memasuki tahun anggaran 2021 otomatis dalam penggunaan DD yang dikuncurkan pemerintah pusat harus adanya peran aktif dari BPD untuk mengawasi pengelolaan anggaran serta pengawasan pelaksanaan pembangunan desa yang akan direalisasi.

“Saya berharap, bagi desa yang masa jabatan BPDnya telah habis agar segera membentuk paniti pemilihan BPD. Sehingga anggota BPD baru yang terpilih bisa segera dilantik agar bisa bermitra dengan Kades dalam mensukseskan pembangunan desa,” ujarnya.

Camat menambahkan mengingat masyarakat Uram Jaya mayoritas sebagai petani, 7 desa yang ada di Kecamatan Uram Jaya dapat mengusulkan pembangunan yang bermanfaat untuk para petani, salah satunya usulan pembangunan di sektor pertanian. Kemudian usulan pembangunan yang bisa mengangkat potensi wisata seperti wisata yang ada di desa Embong.

“Harapan kita, apapun usulan yang disampaikan oleh masing-masing desa dalam musrenbangcam tingkat Kecamatan yang memang tidak terkaper oleh DD dapat diakomodir oleh anggaran APBD Pemkab Lebong,” tukasnya. (rak)