Beranda Tubei Masih Banyak Desa Belum Serahkan Berkas Tahap II

Masih Banyak Desa Belum Serahkan Berkas Tahap II

201
Kades Gandung Diminta Kembalikan Silpa Rp 306 Juta
Ilustrasi Dana Desa

LEBONG – Dari 93 Desa di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Lebong, sampai hari ini (kemarin,red) tercatat baru 3 Desa yang telah mengantongi rekomendasi pencairan Dana Desa (DD) dan Aloksi Dana Desa (ADD) tahap ketiga tahun anggaran 2020 dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong.

“Iya, sampai saat ini baru 3 Desa yang sudah mengantongi rekomendasi pencairan tahap ketiga tahun anggaran 2020. Ketiga desa itu yakni Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis, Karang Dapo Atas Kecamatan Bingin Kuning, dan Selebar Jaya Kecamatan Amen, ” ujar Kepala Dinas PMDSos Lebong Reko Haryanto, S.Sos, M.Si kepada Radar Lebong Senin, (30/11) kemarin.

Sementara itu, untuk total berkas pengajuan yang sudah diserahkan sebanyak 23 Desa diantaranya, Desa Air Kopras, Tabeak Belau II, Bioa Sengok, Sukau Datang I, Karang Anyar, Pagar Agung, Talang Bjnut, Danau Liang, Ladang Palembang, Lebong Tambang, Sungai Gerong, Bioa Putiak, Gandung, Tunggang, Tanjung Bunga I, Krang Dapo Atas, Talang Donok, Selebar Jaya, Tik Sirong, Suka Negeri, Talang Baru II, Gandung Baru, dan Payang Mbik.

“23 berkas yang sudah kita terima ini masih diverifikasi dibidang PMD untuk dilihat kelengkapan berkas pengajuannya. Apabila berkas pengajuan masing-masing Desa ini nanti sudah lengkap, maka akan dikeluarkan rekomendasi untuk proses pencairan DD tahap ketiga, ” katanya.

Lanjut Reko, pihaknya sangat menyayangkan karena masih banyaknya desa yang belum menyerahkan berkas pencairan untuk tahap kedua. Padahal, waktu efektif hanya tinggal beberapa hari kedepan untuk melakukan proses pencairan tahap ketiga, apalagi sampai saat ini baru tiga desa saja yang sudah mengantongi rekomendasi.

“Sekarang sudah memasuki akhir bulan November 2020, sedangkan terakhir penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk pencairan DD tahap ketiga dideadline 11 Desember mendatang. Apabila sampai batas waktu yang sudah ditetapkan itu Desa tidak menyerahkan berkas pengajuan, otomatis DD tahap ketiga terancam hangus dan tidak bisa dicairkan, ” terangnya.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 1 Desember 2020