Beranda Tubei Masuk ke Lebong, Hewan Ternak Bakal Diperiksa di 2 Posko Ini

Masuk ke Lebong, Hewan Ternak Bakal Diperiksa di 2 Posko Ini

28
Masuk ke Lebong, Hewan Ternak Bakal Diperiksa di 2 Posko Ini
Petugas kesehatan hewan saat melakukan koordinasi ke Polsek Lebong Atas pendirian posko Satgas.

LEBONG, radarlebong.com – Kendatipun saat ini, belum terdeteksi hewan ternak yang terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lebong.

Namun, upaya pencegahan serta gerak cepat akan dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Lebong dengan membuka 2 Posko di pintu masuk Lebong untuk memastikan setiap hewan ternak dari luar daerah yang masuk sehat dan tak terinfeksi PMK yakni di wilayah Kecamatan Lebong Atas dan Kecamatan Rimbo Pengadang.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, dr. Ayu Budiarti mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait terkait rencana pendirian pos pantau tersebut.

Pihaknya akan menyiapkan petugas khusus untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan yang melintas di Posko. Terlebih sebentar lagi akan memasuki hari raya Idul Adha atau hari raya kurban.

Baca Juga : Antisipasi PMK, Pemkab Bentuk Satgas

“Sejauh ini belum ada kasus PMK yang terjadi di wilayah Lebong. Sebagai upaya pencegahan, kami akan memperketat penjagaan mobilisasi transportasi lalu lintas hewan ternak yang masuk wilayah Lebong, ” lanjut Ayu.

Ditambahkannya, kendaraan yang membawa hewan ternak juga harus menunjukkan bukti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Petugas juga akan menyemprotkan cairan disinfektan kesetiap hewan ternak yang masuk Lebong. Jika saat pemeriksaan ada hewan yang terindikasi terjangkit PMK kami pastikan tak akan diperbolehkan untuk masuk Lebong, ” singkatnya.

Sementara itu, Kapolres Lebong, AKBP. Awilzan, SIK melalui Kapolsek Lebong Atas, Ipda Alikhan, SH menyampaikan jika pihaknya sebelumnya telah di intruksikan Kapolres Lebong untuk mengawasi penyebaran PMK ternak di wilayah perbatasan.

“Intruksi dari pimpinan (Kapolres,red) sudah kita jalankan. Dari koordinasi yang dilakukan Disperkan, mereka akan menyiapkan personilnya untuk ikut melaksanakan pemeriksaan hewan ternak di posko dan menyediakan disinfektan untuk penyemprotan hewan ternak yang masuk ke Kabupaten Lebong, ” pungkasnya. (wlk)