Beranda Nasional Masuk Lebong, Gubernur dan FKPD Provinsi Swab di Tempat

Masuk Lebong, Gubernur dan FKPD Provinsi Swab di Tempat

280
0
Gubernur, Rohidin Mersyah, menjalani tes swab antigen pada posko Covid-19 di Desa Bioa Sengok saat akan masuk ke Lebong kemarin.

//Gubernur Nilai Kepatuhan Prokes di Lebong Tinggi

LEBONG – Kebijakan swab ditempat bagi warga yang hendak masuk ke Lebong diberlakukan tanpa pandang bulu. Buktinya, kemarin (30/7) rombongan Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA, dan Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Drs. Guntur Setyanto, M.Si, bersama rombongan FKPD Provinsi Bengkulu, harus melakukan swab di tempat sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Lebong. Dalam kunjungan pengawasan penerapan PPKM dalam Provinsi Bengkulu di Kabupaten Lebong ini kemarin, Gubernur menilai jika kepatuhan protokol kesehatan (prokes) di Lebong cukup tinggi.
Pantauan dilapangan kemarin, saat tiba di posko Covid-19 yang ada di Desa Bioa Sengok Kecamatan Rimbo Pengadang rombongan Gubernur dan Kapolda Bengkulu seperti masyarakat lainnya diberhentikan oleh petugas posko Covid-19 untuk dilakukan pemeriksaan lebih dulu sebelum masuk ke Lebong. Rombongan Gubernur ini disambut Wabup Lebong, Drs. Fahrurrozi, M.Pd dan Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si. Setelah dilakukan tes swab antigen dan dinyatakan reaktif rombongan Gubernur baru diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan ke Lebong.
“Yang dilakukan oleh Gubernur dan Kapolda tetap mengikuti swab di tempat saat akan masuk ke Lebong ini tadi (kemarin, red) patutnya menjadi contoh bagi kita semua. Bahwa, aturan yang sudah ditetapkan haruslah dipatuhi bersama bagi siapapun,” kata Wabup yang akrab disapa Rozi ini kemarin.
Sebelum melanjutkan perjalanan ke Lebong, rombongan FKPD Provinsi Bengkulu ini menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas posko Covid-19 di Desa Bioa Sengok sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap petugas yang berada di garis terdepan pencegahan penyebaran Covid-19 di Lebong.
“Kami bertertima kasih atas perhatian dari Pemprov Bengkulu menyerahkan bantuan APD bagi petugas di Posko, hal ini untuk menghindari agar petugas tidak terpapar Covid-19 saat menjalankan tugasnya,” tambah petugas posko Covid-19 di Desa Bioa Sengok, Lasmudin, SH yang juga merupakan Camat Rimbo Pengadang ini kemarin.
Sementara itu, dalam kunjungannya memantau PPKM dan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam Kabupaten Lebong kemarin, Gubernur, Rohidin Mersyah, mengapresiasi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan Pemkab Lebong menerapkan kebijakan swab di tempat bagi setiap warga yang akan masuk ke Lebong. Gubernur juga menilai, jika kepatuhan prokes dalam Kabupaten Lebong masih cukup tinggi.
“Kepatuhan prokes ini tidak lepas dari upaya serius Pemkab Lebong mengedukasi masyarakat agar bersama-sama mencegah penyebaran virus corona ini dengan patuh terhadap prokes seperti anjuran pemerintah,” kata Gubernur dalam rapat bersama FKPD Lebong kemarin.
Dalam kunjungan ini, Gubernur juga bertemu dengan 2 orang Desa Tik Tebing Kecamatan Lebong Atas yang sebelumnya menggunakan masker dari daun saat akan melintasi posko Covid-19 yang ada di perbatasan Lebong-Bengkulu Utara. Kedua orang warga inipun mendapatkan reward yang diserahkan langsung oleh Gubernur.
“Apa yang dilakukan oleh warga ini memodifikasi daun untuk menjadi masker saat akan melintasi posko Covid-19 berarti bahwa sosialisasi prokes yang dilakukan oleh Pemkab Lebong sampai kepada masyarakat bahwa penggunaan masker ini sangat penting agar terhindar dari Covid-19,” terang Gubernur.
Masih dari kunjungan Gubernur dan Kapolda Bengkulu ini kemarin, rombongan FKPD Provinsi Bengkulu dan FKPD Lebong juga mengunjungi ruang isolasi mandiri yang ada di Desa Tabeak Blau Kecamatan Lebong Atas. Pada kesempatan itu, rombongan FKPD juga menyerahkan bantuan jadup bagi petugas posko.
“Saya berharap ruangan isolasi mandiri ini selalu kosong, dan tidak ada lagi penambahan warga reaktif maupun positif Covid-19 dalam Kabupaten Lebong,” pungkasnya. (hds/dap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here