Beranda Nasional Masyarakat Diminta Aktif Mutakhirkan Data Pemilih

Masyarakat Diminta Aktif Mutakhirkan Data Pemilih

182
KPU Lebong Luncurkan Tahapan Pemilu 2024
Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, SE

LEBONG – Hingga saat ini pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong dalam rangka memperbaharui data pemilih sebagai persiapan menghadapi pemilihan umum mendatang, masih sangat rendah. Pasalnya, hingga saat ini KPU Lebong baru mempublikasi data pemilih yang telah meninggal.
“Kalau untuk data yang lain, saat ini masih dalam proses. Data tersebut sudah kita umumkan pada awal Juni lalu yakni ada sebanyak 30 orang warga meninggal yang masih terdata. Laporan ini kita dapatkan dari masyarakat baik itu secara offline maupun online,” kata Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, SE.
Ia mengaku, data terbaru yang akan dipublikasikan nantinya lebih dulu akan disesuaikan dengan aturan terkait data kependudukan dan catatan sipil. Bahkan, tidak menutup kemungkinkan nantinya data-data tersebut berdasarkan by name by adress.
“Namun kita tidak meminta data mentah dari Dukcapil, data ini masih akan kita sinkronkan dengan masukan yang dari masyarakat,” lanjutnya.
Pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong untuk aktif menyampaikan informasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini. Bahkan, pihaknya saat ini telah membuka layanan bagi masyarakat yang diharapkan dapat memudahkan proses pemutakhiran data pemilih.
“Kita telah siapkan formulir tanggapan masyarakat dan juga formulir laporan kematian. Hal ini juga bisa dilakukan secara online. Kami juga mengajak seluruh stake holder yang ada di Lebong, untuk juga bersama-sama mensukseskan proses pembaharuan data pemilih sebagai persiapan menghadapi pemilihan umum mendatang,” harapnya.
Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dilaksanakan sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang bertujuan untuk memperbaharui data pemilih. (dap)