Beranda Nasional Mbes Apem Bakal Dijadikan Icon Budaya Lebong

Mbes Apem Bakal Dijadikan Icon Budaya Lebong

351
Bupati, Kopli Ansori, memberikan cinderamata rumah adat Lebong kepada Kepala BPNB Sumbar, Undri, SS, M.Si

LEBONG – Bupati Lebong, Kopli Ansori, menargetkan ritual Mbes Apem (membuang apam, red) yang dilaksanakan diwilayah Kecamatan Bingin Kuning, bakal dijadikan icon budaya di Kabupaten Lebong. Hal ini disampaikannya saat menerima kunjungan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar), Undri, SS., M.Si, di rumah dinas Bupati Lebong Minggu (13/6) malam yang lalu.
“Pengembangan nilai budaya di Kabupaten Lebong merupakan salah satu program yang akan kita laksanakan. Salah satunya menjadikan tradisi Mbes Apem sebagai icon budaya di Kabupaten Lebong. Tradisi ini, merupakan peninggalan zaman nenek moyang terdahulu yang harus tetap dilestarikan,” ungkap Bupati.
Rencananya, lanjut Bupati, pada ritual mbes apem yang akan digelar pada 10 November mendatang Pemkab Lebong lebong mengundang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI serta BPNB Sumbar yang menaungi Provinsi Bengkulu.
“Pelestarian nilai budaya merupakan komitmen pemerintah dalam menjaga kekayaan budaya yang ada ditengah masyarakat. Jika di Bengkulu ada festival buang tabot, maka di Lebong ada Mbes Apem,” lanjutnya.
Sementara itu, Kepala BPNB Sumbar, Undri, SS, M.Si mengatakan jika pihaknya akan terus mendorong dan mendukung setiap daerah yang berada wilayah kerjanya dalam melestarikan nilai budaya dimasing-masing daerah.
“Tentunya kami sangat mendukung setiap kegiatan pemerintah daerah dalam mengembangkan dan melaksanakan kegiatan khusunya melestarikan budaya,” tutup Undri. (bye)