Beranda Nasional Meninggal Mirip Gejala Corona, 18 Warga di Swab

Meninggal Mirip Gejala Corona, 18 Warga di Swab

1840
Petugas medis Puskesmas Muara Aman saat melakukan tes swab PCR terhadap warga Lebong Tambang.

LEBONG – Menyusul adanya 2 orang warga Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara yang meninggal dalam kondisi mirip gejala Covid-19, Puskesmas Muara Aman langsung melakukan tracking dan tes swab terhadap 18 orang warga yang pernah kontak erat dengan kedua warga tadi. Dari tes kemarin (5/7), 15 orang warga dilakukan tes swab PCR sedangkan 3 orang warga lainnya dilakukan tes swab antigen.
Kepala Puskesmas Muara Aman, Febria Mandeka, SKM, mengaku jika pihaknya mendapatkan informasi adanya 2 orang warga Desa Lebong Tambang yang meninggal dunia dalam kondisi mirip gejala Covid-19 seperti sesak nafas dan demam. Hal ini diketahui pihaknya mendapat permintaan dari pemdes Lebong Tambang dan keluarga agar dilakukan tes swab terhadap keluarga almarhum.
“3 orang yang di tes swab antigen hasilnya non reaktif, sedangkan 15 sampel swab PCR hasilnya belum diketahui karena sampel PCR ini akan dikirim ke Dinkes dulu untuk kemudian dikirim ke Laboratorium di Bengkulu untuk diperiksa,” katanya.
Selain itu, diakuinya 2 orang warga yang meninggal dunia mirip gejala Covid-19 ini belum pernah diperiksa pihaknya. Sehingga belum dapat dipastikan apakah apakah 2 orang warga ini positif Covid-19 atau sebaliknya.
“Meski proses pemakamanan 2 orang warga ini dilakukan dengan prokes, namun warga yang ikut membantu proses pemakaman tetap kita tracking,” lanjutnya.
Dirinya mengimbau kepada warga yang telah dilakukan tes swab PCR ini agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sembari menunggu hasil tes swab PCR ini disampaikan. “Kami juga mengimbau bagi warga lainnya untuk mematuhi prokes Covid-19, sehingga dapat meminimalisir penyabaran Covid-19,” singkatnya. (bye)