Beranda Bito Sadei Miris, Bangunan Bersejarah ‘ Kuburan Ki Bikau Bermano ‘ Kondisinya Kayak Begini

Miris, Bangunan Bersejarah ‘ Kuburan Ki Bikau Bermano ‘ Kondisinya Kayak Begini

257
Miris, Bangunan Bersejarah ' Kuburan Ki Bikau Bermano ' Kondisinya Kayak Begini
kuburan Ki Bikau Bermano

LEBONG SELATAN, RadarLebong.com – Miris, bangunan bersejarah kuburan Ki Bikau Bermano, atau yang lebih dikenal dengan nama Kutai Ukem, kondisinya kayak begini.

Betapa tidak cagar budaya berbentuk kuburan yang berada di Kelurahan Tes, Kecamatan Lebong Selatan ini semakin tak terawat. Tampak  rerumputan yang memanjang dan belum pernah ada sama sekali pemugaran terhadap bangunan bersejarah tersebut.

Ketua RW 03 Kelurahan Tes, Safarudin, saat dikonfirmasi Radar Lebong menjelaskan bahwa cagar budaya peninggalan nenek moyang yang berada di Kelurahan Tes tersebut, menjadi peninggalan budaya masa kini, jejak-jejak tinggalan masa lalu tersebut mempunyai nilai filosofis yang kuat tentang peradaban pada masanya dan semakin lama usia atau semakin tua warisan atau benda tinggalan tersebut maka semakin tinggi pula nilai sejarahnya. Harapannya, dapat dijaga dan dilestarikan oleh OPD terkait.

Kutai Ukem

” Lokasi cagar budaya berjarak sekitar 200 meter dari jalan raya dan sekitar 1 kilometer dari permukiman warga.  Dan, ada Bapak Sta (50) yang telah merawatnya untuk saat ini,” kata Safarudin kemarin.

Meski  Bapak Sta, sebagai pengelola dan merawat, cagar Budaya tersebut. Namun, Bapak Sta,  tidak mendapatkan honor.  Hanya, ada warga yang berkunjung kemakam itu, maka memerlukan jasa pak Sta ini, mungkin dari pengunjung itu yang telah membayarnya.

“Untuk pelestarian cagar budaya harus ada ikatan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat atau keterlibatan semua pihak dalam melestarikan Cagar Budaya baik secara langsung maupun tidak langsung demi memperkokoh kepribadian identitas yang akan menjadi manifestasi juga dapat meninggkatkan harkat dan martabat Lebong ini,” tukasnya. (arp)