Beranda UTAMA MT II, Hama Tikus Masih Intai Petani

MT II, Hama Tikus Masih Intai Petani

59
MT II, Hama Tikus Masih Intai Petani
Penyuluh bersama para petani saat melakukan perburuan hama tikus.

LEBONG, radarlebong.com – Meski saat ini pelaksanaan Musim Taman 2 atau MT-2 di wilayah Kabupaten Lebong sudah memasuki segment ketiga, yang saat ini sudah mulai pengolahan lahan dan penyemaian bibit untuk melakukan turun tanam kedua tahun 2022.

Namun, serangan hama tikus masih intai petani, khususnya sawah di Limaupit dan Magelang.

Hal ini diakui Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, Heldi Parindo, SE pada Rabu (22/6) kemarin.

“MT-2 pada segment kedua sedikit agak berat, karena sawah di Limaupit dan Magelang yang diserang hama tikus dengan skala yang cukup besar hingga mencapai lebih kurang 1,5 hektar sawah rusak akibat serangan hama tikus dalam satu hari,” terangnya.

Dijelaskannya, MT-2 segment pertama dilaksanakan pada bulan Maret lalu di Desa Tabeak Dipoa Kecamatan Lebong Sakti dilaksanakan tepat waktu dan tanpa serangan hama. Sehingga, hasil panen mencapai 50 persen. Kemudian segment kedua pada April di Desa Tabeak Dipoa, Limaupit, Magelang Kecamatan Lebong Sakti dan Tangua Kecamatan Uram Jaya.

Baca Juga : Panen Raya MT-2, Mitos Hama Tikus Terbantahkan

Ia mengaku pada MT-2 segment kedua mengalami sedikit penurunan akibat serangan hama tikus yang puncak perkembangannya terjadi pada Juni. Kondisi ini akan menjadi evaluasi bagi pihaknya untuk menghadapi musim tanam selanjutnya.

“Saat ini sudah memasuki segmen ketiga MT-2, dan sekarang sudah dilakukan pengolahan lahan dan penyemaian bibit,” terangnya.

Pihaknya akan melakukan pengamatan secara intens pada MT-2 segmen ketiga ini. Termasuk juga mendampingi para petani agar bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

“Sejauh ini serangan hama tikus baru terjadi di Desa Limaupit dan Magelang. Mudah-mudahan serangan hama tikus ini hanya terjadi di segment kedua, sehingga di segment ketiga bisa melakukan panen dengan hasil maksimal,” pungkasnya. (wlk)