Beranda Nasional Mulai Membaik, Covid-19 Hanya Menyisakan 1 Kasus

Mulai Membaik, Covid-19 Hanya Menyisakan 1 Kasus

154
ilustrasi covid19

LEBONG – Kasus penularan wabah Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Lebong sudah mulai membaik. Buktinya, dari 51 kasus dengan rincian kasus covid-19 hanya menyisakan 1 kasus, 49 kasus sembuh, 1 kasus meninggal.

“Iya, saat ini masih terdapat 1 kasus positif lagi, dan sekarang pasien sedang menjalani isolasi di RSUD Kota Bengkulu,” kata kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, melalui Kasubbid Surveilans Imunisasi, Donny Novriansyah, S.Kep, MKM kepada Radar Lebong.

Lebih lanjut Donny mengatakan, 1 kasus positif itu merupakan kasus yang ke-51 di Kabupaten Lebong, berjenis kelamin Perempuan berusia (20), warga Kecamatan Pinang Belapis. Pasien ditetapkan positif Covid-19 pada tanggal 25 Februari 2021 lalu, setelah dilakukan pemeriksaan sampel swab PCR.

“Jadi total kasus konfirmasi postif Covid-19 kita mencapai 51 kasus meliputi 49 kasus sembuh, 1 kasus meninggal, dan 45 kasus suspek,” terang Donny.

Lebih jelas Donny merincikan sebanyak 51 kasus warga Lebong itu diantaranya, 13 orang tenaga kesehatan (nakes), 13 orang aparat Kepolisian Polres Lebong, 1 orang Pegawai Negaeri Sipil (PNS), dan 28 orang masyarakat umum. Dengan mulai membaiknya penularan virus corona di Kabupaten Lebong, lanjutnya diharapkan, seluruh Puskesmas untuk lebih meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian, dihimbau kepada masyarakat agar tetap displin protokol kesehatan (prokes) dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sekarang sudah tidak ada lagi pengiriman sampel swab, jadi dihimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi disiplin prokes,” tuturnya.

Terpisah Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM saat dikonfirmasi membenarkan jika penularan virus corona di Kabupaten Lebong sudah menunjukan tanda-tanda membaik. Yang mana saat ini hanya terdapat 1 kasus saja, warga dalam Kabupaten Lebong yang masih menjalani isolasi mandiri.

“Sekarang cuman ada 1 kasus positif lagi, artinya setelah pasien ini sembuh Lebong akan kembali ke zona hijau. Tapi kalau dilihat berdasarkan peta persebaran Covid-19 Provinsi Bengkulu, saat ini Lebong sudah berstatus zona hijau. Harapan kami masyarakat bisa tetap mematuhi prokes, dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lebong,” demikian Rachman. (wlk)