Beranda Hukum Musim Pemilihan BPD, Permohonan SKCK Melonjak

Musim Pemilihan BPD, Permohonan SKCK Melonjak

188
Beberapa warga tampak mengantri di depan gedung pelayanan pembuatan SKCK di Mapolres Lebong.

LEBONG – Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dibeberapa desa dalam Kabupaten Lebong yang sudah mulai berlangsung, membuat pelayanan permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Lebong meningkat. Bahkan, berdasarkan data dari bidang pelayanan Pengurusan SKCK Polres Lebong tercatat sudah ada sebanyak 236 pemohon SKCK.
Kapolres Lebong, AKBP Ichsan Nur, SIK, melalui petugas pelayanan SKCK Polres Lebong, Hartati Dispitasari, mengungkapkan dalam sepekan terakhir banyak masyarakat datang mengurus SKCK. Dimana, hingga kemarin tercatat sudah sebanyak 236 pemohon dan mayoritas kebanyakan mereka yang mengajukan pembuatan SKCK adalah masyarakat yang hendak mendaftar seleksi anggota Badan Pemerintah Desa (BPD) dan sebagian kecilnya para pelajar yang lulus SMA sederajat.
“Hampir setiap hari mereka yang mengajukan permohonan SKCK dan mayoritasnya para pemohon ini adalah masyarakat yang ingin mencalon pemilihan BPD,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, diprediksi pembuatan SKCK ini masih akan terus mengalami peningkatan hingga beberapa hari kedepan mengingat masih ada desa yang akan menggelar pemilihan BPD.
“Kalau ditahun sebelumnya itu hampir ribuan, mayoritas pendaftar untuk seleksi CPNS dan juga para pelamar kerja,” tuturnya.
Dia menambahkan adapun syarat pembuatan SKCK ini diantaranya foto copy Kartu Tanda Pernduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta kelahiran pas foto ukuran 4 x 6 dengan latar merah sebanyak tiga lembar. Sedangkan untuk perpanjang SKCK lama masyarakat harus membawa SKCK lama, dengan melampirkan foto copy KTP, KTP, dan Akta kelahiran.
“Karena masih dalam kondisi pandemi untuk sidik jari belum bisa kita gunakan, hal itu sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Jadi bagi masyarakat yang hendak mengurus SKCK wajib melengkapi persyaratan yang dimaksud,” tandasnya. (wlk)