Beranda Hukum Operasi Yustisi, 103 Pelanggar Prokes Disanksi

Operasi Yustisi, 103 Pelanggar Prokes Disanksi

194
Salah satu ASN dijajaran Pemkab Lebong ini terjaring operasi tim yustisi prokes Covid-19 karena tidak menggunakan masker.

LEBONG – Tim Yustisi Kabupaten Lebong benar-benar menepati janji menggelar operasi kepatuhan prokes Covid-19 di Kabupaten Lebong dalam rangka menindaklanjuti SE Bupati Lebong tentang pembatasan aktivitas masyarakat serta Perbub Nomor 45 tahun 2020. Hasilnya, ratusan pelanggar prokes Covid-19 pun berhasil terjaring oleh tim yustisi. Hanya saja, saat dikenai sanksi denda pelanggar menyatakan tidak sanggup dan memilih untuk menyediakan masker yang selanjutnya diberikan ke petugas.
Kepala Dinas Satpol PP Lebong, Zainal Husni, SH, MM, melalui Kabid Ketertiban Umum Andrian Aristiawan, SH, mengungkapkan bahwa operasi yustisi yang digelar kemarin berhasil menjaring sebanyak 103 pelanggar prokes Covid-19 diantaranya 1 ASN, 23 pelajar dan 79 masyarakat umum. Operasi ini digelar di 4 titik lokasi berbeda dalam Kabupaten Lebong.
“Pelanggar ini langsung dilakukan sidang ditempat, mereka dikenakan sanksi denda sebesar Rp 100 ribu sesuai Perbub. Tapi kebanyakan mereka tidak sanggup membayar denda dan memilih sanksi menyediakan masker untuk diserahkan pada petugas dan beberapa lainnya memilih sanksi membersihkan tempat ibadah,” terangnya.
Dirinya memastikan, jika operasi ini masih akan terus digelar pihaknya hingga masyarakat Lebong benar-benar mematuhi prokes Covid-19 seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Disamping itu, pihaknya juga mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lebong.
“Kepatuhan terhadap prokes Covid-19 merupakan upaya penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Lebong,” katanya.
Berdasarkan pantauan dilapangan kemarin, saat operasi digelar di Simpang Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah, tidak butuh waktu lama tim yustisi menjaring pelanggaran Prokes Covid-19. Bahkan, hanya dalam kurun waktu 30 menit puluhan pelanggar prokes Covid-19 berhasil dijaring tim yustisi. Pelanggaran yang paling banyak ditemukan pada operasi ini tak lain adalah tidak menggunakan masker saat berada diluar rumah. (wlk/arp)