Beranda Nasional Padi Ditanam, Jatah Pupuk Subsidi Belum Datang

Padi Ditanam, Jatah Pupuk Subsidi Belum Datang

175
BP3 Ajak Petani BK Ikut Sukseskan MT II
Usai panen, petani diimbau untuk mensukseskan MT II.

LEBONG – Meski saat ini hampir 85 persen lahan sawah di Kabupaten Lebong telah dilakukan tanam padi, sayangnya kondisi ini belum didukung dengan ketersediaan pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Lebong. Bagaimana tidak, hingga saat ini jatah pupuk subsidi untuk Kabupaten Lebong belum juga datang.
“Saat ini sudah dalam proses alokasi di Provinsi, kita berharap agar jatah pupuk subsidi ini bisa secepatnya didistribusikan ke Lebong apalagi saat ini hampir 85 persen petani kita sudah melakukan tanam,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Disperkan Lebong, Bobi Utomo, S.Kom.
Dirinya mengakui jika tahun ini distribusi pupuk subsidi untuk petani ini mengalami kendala hal ini tidak lepas dari kondisi Pandemi Covid-19. Termasuk juga, pupuk subsidi ini diperuntukkan bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani (poktan) yang memiliki kartu tani, sehingga mesti dilakukan pendataan ulang karena masih banyak petani di Lebong yang belum memiliki kartu tersebut.
“Kartu tani ini menjadi sebagai syarat utama bagi petani untuk dapat megambil pupuk subsidi di kios pupuk pada wilayah masing-masing,” lanjutnya.
Disamping itu, pihaknya juga mengimbang kepada poktan yang ada di Lebong untuk segera mengurus kartu tani tersebut bagi anggota poktan. “Karena percuma jatah ini turun dari provinsi, kalau petani kita belum siap secara syarat administrasi. Kartu tani ini juga sebagai bentuk perlindungan pemerintah kepada petani melalui bantuan pupuk subsidi,” tutup Bobi. (cw1)