Beranda Bito Sadei Padi Mulai Menguning

Padi Mulai Menguning

771
Terlihar padi milik warga setempat mulai menguning.

LEBONG TENGAH – Jika tidak ada halangannya, diperkirakan sekitar bulan maret mendatang, lahan persawahan yang ada di Kecamatan Lebong Tengah tepatnya di Desa Karang Anyar akan segera panen. Terlihat, kondisi tanaman padi saat ini sudah berbuah dan menguning.

Seperti disampaikan Perwakilan Petani di wilayah Kecamatan Lebong Tengah, Heru Vanromik (38), salahsatu persiapan untuk menyambut musim panen dengan menyiagakan alat mesin pertanian (Alsintan).

“Sebentar lagi kita akan memasuki musim panen padi yang diperkirakan dimulai pertengahan bulan maret dan puncaknya di bulan april, namun jelang panen kami persiapkan alat sintan atau alat mesin pertanian untuk keperluan panen nantinya, dan juga persiapkan karung, mesin padi, alat pemotong dan lainnya, “jelas Heru.

Ditambahkan Heru, bahwa untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tentunya petani biasanya wajib melakukan penyemprotan padi khusus, berupa racun pembernas buah. Dimana biasanya dilakukan setiap seminggu sekali atau seminggu dua kali, sembari juga mencegah hama atau hewan ternak.

“Dari awal tanam kita wajib melakukan penyemprotan racun seminggu sekali atau dua kali padi pembernas buah, agar buah padi tetap bersih menjelang musim panen, namun jika padi sudah menguning maka kita stop untuk penyemprotan,” jelas Heru. (cw2).