Beranda Nasional Pajak Tak Dibayarkan, Mobnas Tetap Dikandangkan

Pajak Tak Dibayarkan, Mobnas Tetap Dikandangkan

166
Mobnas milik Pemkab Lebong yang sudah dalam kondisi rusak berat ini dikadangkan di halaman Kantor BKD Lebong.

LEBONG – Hasil pengecekan kondisi mobil dinas (mobnas) milik Pemkab Lebong oleh Bupati beberapa waktu lalu, didapati adanya mobnas yang tidak membayar pajak. Alhasil, mobnas ini bakal tetap dikandangkan oleh pihak BKD Lebong, hingga pajak mobnas tersebut dibayarkan oleh OPD penanggung jawab.
Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si melalui Kepala Bidang Aset, Rizka Putra Utama, M.Si, mengaku jika hingga saat ini pihaknya masih menunggu itikad baik dari OPD pemegang mobnas untuk melunasi tunggakan pajak mobnas tersebut. Jika tunggakan pajak ini telah dilunasi, baru mobnas tersebut akan dikembalikan ke OPD terkait.
“Selagi pajaknya belum dibayarkan, maka mobnas ini masih tetap akan kita kandangkan. Tetapi, kalau ada OPD lain yang ingin melunasi pembayaran pajaknya, mobnas tersebut akan kita berikan kepada OPD tersebut,” katanya.
Diakuinya, beberapa mobnas yang dikandangkan pihaknya ini sudah ada yang dalam kondisi rusak berat sehingga memungkinkan untuk dilakukan penghapusan. Pasalnya, jika akan dilakukan perbaikan maka akan membutuhkan anggaran yang cukup besar.
“Dan rata-rata memang sudah memasuki usia layak untuk dilakukan penghapusan aset,” lanjutnya.
Disinggung mengenai tidak dibayarkannya pajak mobnas oleh OPD, Rizka mengaku tidak mengetahui secara pasti apa alasan OPD tidak membayar pajak mobnas tersebut. Apakah memang tidak dianggarkan atau terkendala hal lainnya.
“Kami tidak tahu persis apa alasannya mengapa sampai pajak kendaraan ini tidak dibayarkan. Tapi kami berharap OPD penanggung jawab dapat menyelesaikan tunggakan pajak mobnas tersebut,” harapnya.
Diketahui, jumlah mobnas yang tidak membayar pajak ini mencapai sebanyak 15 unit, mobnas yang sudah layak dihapuskan mencapai sebanyak 12 hingga 13 unit. (dap)