Beranda Nasional Partisipasi Pemilih Capai 90 Persen Lebih

Partisipasi Pemilih Capai 90 Persen Lebih

210
KPU Lebong menggelar pra pleno rekapitulasi perolehan suara hasil Pilkada bersama seluruh PPK se-Lebong.

LEBONG – Meskipun baru akan menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada tingkat KPU Kabupaten Lebong hari ini (15/12) namun KPU Lebong mengklaim jika partisipasi pemilih pada Pilkada lalu mencapai sebanyak 90,97 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 75.280 pemilih. Tingkat partisipasi pemilih ini juga disebut meningkat jika dibandingkan dengan Pemilu Legislatif tahun 2019 lalu.
“Dari DPT sebanyak 75.280 pemilih, tercatat ada 68.484 pemilih yang menyalurkan suaranya pada pemungutan suara 9 Desember lalu. Dari jumlah ini, persentase tingkat partisipasi pemilih di Lebong pada Pilkada lalu mencapai sebanyak 90,97 persen,” kata Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, SE.
Selain itu, lanjutnya, dari 68.484 pemilih yang menyalurkan hak pilihnya didapati ada sebanyak 66.208 suara sah dan 2.273 suara tidak sah. Suara yang tidak sah ini, beberapa diantaranya yakni surat suara yang dicoblos lebih dari satu kali dan lebih dari satu kandidat.
“Persentase partisipasi pemilih pada Pilkada di Kabupaten Lebong ini juga merupakan partisipasi pemilih tertinggi se-Provinsi Bengkulu,” ujarnya.
Ditambahkan Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebong, Yoki Setiawan, S.Sos, jika tidak ada kendala direncanakan hari ini (15/12) pihaknya bakal menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat KPU Lebong. Dirinya pun memastikan jika rapat pleno ini akan dilakukan sesuai dengan prokes Covid-19 dan membatasi jumlah peserta yang dibolehkan untuk masuk ke dalam ruang rapat pleno.
“Pembatasan jumlah peserta ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan sesuai dengan prokes Covid-19. Disamping itu, kita juga telah meminta bantuan keamanan dari TNI dan Polri agar pelaksanaan pleno ini dapat berjalan tertib dan lancar,” singkatnya. (bye)