Beranda Bengkulu Utara Pasar Purwodadi Terbakar, Bupati Minta OPD Sigap

Pasar Purwodadi Terbakar, Bupati Minta OPD Sigap

210
Bupati memimpin rapat merespon musibah kebakaran Pasar Purwodadi Arga Makmur

BENGKULU UTARA – Senin dini hari (5/4), Puluhan ruko di Pasar Purwodadi Arga Makmur di lalap jago merah. Kejadian yang terjadi sekitar pukul 12.53 WIB ini, sempat menghebohkan warga Kelurahan Purwodadi dan sekitarnya. Bagaimana tidak, api yang belum diketahui penyebabnya ini begitu cepatnya membesar hingga menghanguskan sejumlah ruko.
Salah seorang warga yang ikut membantu memadamkan api di lokasi kejadian, Beni mengatakan, api mulai terlihat sekitar pukul 00:30 WIB. Ia pun belum bisa mengetahui penyebab dari kebakaran di Pasar Purwodadi Kecamatan Kota Arga Makmur tersebut. Saat ini, fokus melakukan pemadaman api terlebih dahulu.
“Api mulai terlihat menyala besar sekitar pukul 00:30 WIB. Lantaran angin kencang membuat kobaran api dengan cepat menjalar ke kios lain. Kalau penyebabnya, api dari mana juga belum tahu,” ujar Beni.
Merespon hal ini, Bupati BU Ir. Mi’an, langsung terjun ke TKP meninjau lokasi kebakaran. Hal ini sontak membuat masyarakat senang dengan kepedulian Kepala Daerah ini. alam hal ini, ia juga langsung memerintahkan sejumlah OPD bergerak cepat relokasi lapak pedagang sementara. Dimana, hal ini merupakan salah satu dari 4 langkah strategis guna membantu para pedagang korban kebakaran. 4 langkah strategis itu diberi nama program aksi.
“Saya meminta OPD terkait bergerak cepat membersihkan bekas kebakaran. Karena masih ada puing-puing dan titik api, semua jajaran pemerintah daerah khusus dinas terkait dikerahkan untuk pembersihan bersama TNI-POLRI.
“Kita akan dirikan dapur umum, serta tenda darurat segera,” ujar Mian.
Mi’an pun menjelaskan, aksi selanjutnya menugaskan dalam waktu 2 X 24 jam harus selesai kepada OPD, yang membidangi untuk lakukan pendataan setiap pedagang yang tertimpa musibah. Kemudian, pihaknya meminta berkordinasi secara menyeluruh terkait dengan skema tanggap darurat, yang harus juga digelontorkan secara efektif, akurat efisien dan tidak menyalahi aturan.
“Saya telah menghubungi dan berkoordinasi dengan pak Gubernur untuk membantu turunkan tim Pemerintah Provinsi, tim ini akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk bisa menyampaikan ke pemerintah pusat, bahwa kejadian musibah ini untuk tingkat kabupaten cukup luar biasa sehingga harus ditangani secara bersama,” imbuhnya.
Selanjutnya, ia mengharapkan pengertian para pedagang dan perwakilan pedagang untuk bertemu menyatukan persepsi, visi dan bergerak bersama. Ia pun memohon doa seluruh masyarakat Bengkulu Utara, agar semua kegiatan ini bisa berjalan lancar dan untuk korban selalu sabar dan ikhlas.
“InshaAllah kami pastikan bahwa pemerintah akan segera melaksanakan program aksi, untuk secepatnya membuat relokasi tanggap darurat, agar kegiatan ekonomi para pedagang tidak berhenti. Mari kita bergerak bersama,” pungkasnya. (aer)