Beranda Bito Sadei Pasca Longsor, Warga Lebong Tambang Kembali Beraktivitas

Pasca Longsor, Warga Lebong Tambang Kembali Beraktivitas

289
Warga Desa Lebong Tambang mulai beraktivitas kembali melakukan penambangan emas tradisional pasca longsor beberapa waktu lalu.

LEBONG – Musibah longsor yang terjadi pada lubang kacamata di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara beberapa waktu lalu yang sempat menghentikan aktivitas masyarakat desa setempat akhirnya mulai kembali normal. Bahkan, beberapa warga yang berprosfesi sebagai penambang emas tradisional ini sudah mulai kembali beraktivitas seperti biasanya.

Dimas (30) salah seorang penambang emas tradisional ini saat dibincangi Radar Lebong kemarin menceritakan peristiwa longsor yang menutup lubang akses masuk ke dalam gua membuat dirinya bersama penambang lainnya terpaksa berhenti melakukan penambangan emas tradisional. Hanya saja, setelah dilakukan pembersihan secara swadaya oleh masyarakat dan dibantu alat berat, akses masuk menuju gua tersebut telah terbuka dan sudah bisa diakses oleh warga.

“Alhamdulillah, sejak 3 hari yang lalu kita sudah bisa beraktivitas kembali. Meski demikian, penambang tetap harus berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya berharap agar kedepan pemerintah daerah melalui OPD terkait bisa lebih tanggap dalam melakukan upaya untuk membantu masyarakat membersihkan material tanah longsor, salah satunya dengan menyiapkan alat berat yang selalu siap digunakan apabila ada kejadian tanah longsor seperti di Desa kita ini. Sehingga tidak lagi menyulitkan masyarakat seketika mendapat musibah bencana tanah longsor seperti ini.

“Setidaknya, bencana tanah longsor yang sudah terjadi di Desa Lebong Tambang ini bisa dijadikan pelajaran oleh pemerintah. Jangan sampai kedepannya material bencana longsor seperti dibiarkan berlarut dan dibersihkan oleh masyarakt dengan menggunakan alat seadanya,” pungkasnya. (rak)