Beranda UTAMA Pasca Penghapusan, Nasib Ribuan Honorer Lebong di ” Ujung Tanduk “

Pasca Penghapusan, Nasib Ribuan Honorer Lebong di ” Ujung Tanduk “

112
Pasca Penghapusan, Nasib Ribuan Honorer Lebong di
Rekrutmen THLT tahun 2022. Foto Dok

LEBONG, radarlebong.com – Nasib ribuan honorer Lebong di ujung tanduk. Menyusul, terbitnya SE penghapusan tenaga honorer yang telah diterima Pemkab Lebong dengan Nomor B/185/M.SM.02.03/2022 terkait penghapusan tenaga honorer tertanggal 31 Mei 2022.

Dengan telah terbitnya SE Penghapusan Tenaga Honorer tersebut. Secara otomatis, Pemkab Lebong siap untuk menindaklanjuti SE Penghapusan Tenaga Honorer tersebut.

” Aturan tersebut tentu harus dijalankan. Apalagi, dalam poin terakhir surat tersebut ada sanksi yang akan diberikan kepada Kepala Daerah jika tidak menerapkannya hingga batas waktu yang sudah ditentukan,” kata Sekda Lebong.

Baca Juga : Honorer Dihapus, Pemkab Belum Terima Surat Resmi

Pemkab Lebong pun, lanjut Sekda, akan melaksanakan sosialisasi terhadap aturan tersebut. Dan, Ia pun tak menginginkan, jika Pemkab Lebong dijadikan kambing hitam dan disalahkan oleh masyarakat khususnya para pencari kerja.

“Aturan ini berlaku seluruh wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Lebong dan tentu harus diterapkan. Apalagi regulasi ini sudah lama, yaitu sejak 2015 lalu dan harus diterapkan 2023. Sekarang baru diberikan penekanan oleh Kemenpan-RB,” tegas Sekda.

Namun, sebelum itu, tambah Sekda, Pemkab Lebong akan melakukan pemetaan terhadap kemampuan keuangan daerah yang akan disesuaikan dengan klasifikasi tenaga yang dibutuhkan Pemkab Lebong.

” Jika pun memungkinkan, Pemkab Lebong akan kembali mengangkat Tenaga Harian Lepas Terkontrak. Tapi, itu kita rapat bersama dulu, yang jelas jika menggunakan tenaga outsourcing, maka besarannya (gaji, red) setingkat PPPK atau UMR yang saat ini diangka Rp 2 juta lebih per orang. Itu yang harus kita lihat dahulu kemampuan keuangan daerah,” demikian Sekda.(bye)