Beranda Nasional PBB-P2 Masyarakat Hanya Sumbang Rp 561 Juta

PBB-P2 Masyarakat Hanya Sumbang Rp 561 Juta

117

LEBONG – Nilai ketetapan pajak tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp 3.734.713, dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 1.446.138.286. Objek pajak tersebut sebagian besar masih disumbang oleh perusahaan, perkebunan dan hotel yang ada di dalam wilayah Kabupaten Lebong.
Sementara untuk PBB-P2 individu yang dibebankan kepada masyarakat hanya sumbang Rp 561 juta.
Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si melalui Kabid Pendapatan, Rudi Hartono, SE, M.Ak, mengatakan dalam memaksimalkan target PAD itu tentu butuh peran aktif seluruh pihak mulai dari camat hingga kepala desa maupun lurah.
“Terpenting adalah kesadaran masyarakat itu sendiri, ” kata Rudi.
Pihaknya pun, lanjut Rudi, juga akan memaksimalkan penagihan terhadap hutang PBB-P2 tahun-tahun sebelumnya. Nilai hutang tersebut nantinya akan disampaikan langsung kepada masing-masing camat dan kades/lurah berbarengan dengan penyerahan DHKP dan SPPT.
“Nantinya akan kami sampaikan kepada seluruh camat, kades dan lurah, hutang PBB-P2 mereka tersebut harus dilunasi termasuk dengan dendanya,” tuturnya.
Sementara terkait Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) dan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) Pajak Bumi Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2). Dokumen tersebut dalam proses packing dan direncanakan
SPPT dan DHKP PBB-P2 akan dibagikan secara simbolis oleh Bupati Lebong, Kopli Ansori, kepada pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan.
“Nanti pada saat pendistribusiannya sekaligus memberikan arahan dan penekanan dalam memaksimalkan salah satu potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tersebut, ” demikian Rudi.(wlk)