Beranda Nasional Pegawai Positif Corona, Dukcapil Minta Tes Swab Antigen

Pegawai Positif Corona, Dukcapil Minta Tes Swab Antigen

372
Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lebong (Foto Dokumentasi)

LEBONG – Dinas Kependudukan dan Pencatata Sipil (Dukcapil) Lebong mengusulkan tes Swab Antigen bagi seluruh pegawai yang bertugas memberikan pelayanan di kantor setempat. Langkah tersebut dilakukan setelah adanya 1 orang pegawai beserta anaknya yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.
“Iya, kami berharap Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong dapat melakukan tes swab antigen seluruh pegawai yang ada di kantor kita ini,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Lebong, Elva Mardiana, SIP, M.Si, melalui Sekretaris, Drs. Budi Setiawan.
Disebutkannya, diharapkan sebanyak 39 orang yang ada di kantor Dukcapil Lebong yabg bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memberikalan pelayann tersebut dapat dilakukan tes swab antigen. Masing-masing, 20 orang berstatus ASN, 16 orang operator, 2 orang clening service, serta 1 orang sopir. Itupun mengingat selama ini yang bersangkutan (pasien,red) telah melakukan konta erat dengan pegawai lainnya.
Menurutnya, tes swab antigen ini merupakan bentuk perlindungan kita, untuk memastikan apakah ada pegawai lainnya yang ikut terpapar positif corona atau tidak, apalagi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terlihat sehat sangat sulit untuk ditebak apakah juga ikut terpapar atau tidak. Oleh karena itu, diharapkan tes swab antigen dapat segera dilakukan.
“Intinya, kami sangat siap kapanpun untuk dilakukan tes swab antigen,” terangnya.
Sementara itu, tambahnya, jika hari ini (kemarin,red) seluruh lingkungan kantor pada Dinas Dukcapil Lebong telah dilakukan penyemprotaran disinfektan dari pihak desa Kampung Muara Aman. Meski demikian, untuk semua pelayanan terhadap masyarakat seperti perekaman dan cetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK) dan lain sebagainya masih tetap dilakukan seperti hari biasanya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) seauai dengan intruksi pemerintah dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Kita sudah melaporkan dengan pimpinan terkait usulan tes swab antigen ini, jadi diharapkan pihak kesehatan bisa segera melakukan tes swab antigen,” singkatnya. (wlk)