Beranda Bito Sadei Pekan Depan, Pemdes Pangkalan Gelar Pemilihan BPD

Pekan Depan, Pemdes Pangkalan Gelar Pemilihan BPD

173
Panitia pemilihan BPD desa Pangkalan memberikan bimbingan kepada 13 calon peserta BPD.

URAM JAYA – Jika tidak ada kendala pada pekan depan tepatnya Rabu (28/7) mendatang, Pemdes Pangkalan akan menyelenggarakan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk baru periode 2021-2027. Berkaitan dengan hal tersebut panitia penyelenggara menggelar rapat pertemuan kepada 13 calon peserta yang akan bersaing untuk mengisi jabatan BPD baru desa setempat.
Kades Pangkalan, Barshan menjelaskan rapat pertemuan itu dimaksud untuk memberikan bimbingan kepada para calon peserta BPD sebelum mengikuti kompetensi pemilihan BPD baru periode 2021-2027. Salah satunya agar para calon peserta dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes), demi mencegah penyebaran wabah Virus Corona Disease 2019 (Covid-19). Tidak hanya itu, para calon peserta juga diminta untuk memeriksa ulang berkas pendaftaran pemilihan BPD, sehingga apabila terdapat berkas yang masih kurang akan diminta untuk dilengkapi sebelum pemilihan BPD digelar.
“Jika tidak ada kendala, pada pekan depan kita akan menyelenggarakan pemilihan BPD baru. Jadi hari ini (kemarin,red) panitia memberikan bimbingan kepada 13 calon peserta yang sudah mendaftar uintuk mengikuti kompetensi pemilihan BPD baru,” kata Kades.
Lebih jauh, dijelaskannya, pada intinya bimbingan ini dimaksud agar para calon pesrta pemilihan BPD bisa memahami dan benar-benar mengerti apa saja tugas BPD jika nantinya terpilih menjadi anggota BPD baru periode 2021-2027. Di samping itu, panitia penyelenggara juga menegaskan agar para calon peserta dapat lebih sportif dalam pemilihan.
“Kita berharap, para calon peserta bisa sportif dalam pemilihan ini nantinya. Jangan sampai ketika tidak terpilih menjadi anggota BPD terjadinya kegaduhan untuk itulah mereka diberikan bimbingan,” bebernya.
Ditambahkannya, diharpakan bagi 5 anggota BPD yang terpilih nantinya untuk bisa menjalankan tugas yang sudah diamanahkan dengan baik. Kemudian juga harus bisa menyuarakan aspirasi warga sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
“Kami berharap, 5 anggota BPD yang terpilih nantinya bisa menjadi mitra kerja Pemdes Pangkalan dalam memajukan pembangunan desa yang lebih baik. Di samping itu juga harus bisa menyuarakan aspirasi warga sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” pungkasnya. (rak)