Beranda Nasional Pelaku Pemerkosaan Anak Dibawah Umur, Diciduk

Pelaku Pemerkosaan Anak Dibawah Umur, Diciduk

313
  • LEBONG – Setelah cukup lama tak terdengar adanya kasus pemerkosaan anak dibawah umur di Kabupaten Lebong, secara mengejutkan kemarin (28/5) jajaran Polres Lebong berhasil mengamankan 2 orang pelaku kasus dugaan pemerkosaan anak dibawah umur. Kedua orang pelaku ini, dibekuk dilokasi berbeda hanya dalam kurun waktu tak sampai 24 jam, saat ini keduanya telah diamankan di Mapolres Lebong.
    Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, SIK, melalui Kasat Reskrim Iptu Didik Mujiyanto, SH, MH, dikonfirmasi kemarin tidak membantah hal tersebut. Disebutkannya, saat ini kedua orang pelaku masih dalam pemeriksaan intensif di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Lebong.
    “Laporan kasus ini kita terima tertanggal 25 Mei yang lalu korban yang masih berstatus anak dibawah umur. 2 orang pelaku diantaranya berinsial MR (25) dan satu pelaku lainnya berinsial YP (18). Kedua orang pelaku ini kita aman di 2 lokasi berbeda,” terang Kasat.
    Perbuatan kedua orang pelaku ini, lanjutnya, melanggar pasal
    Perbuatan pelaku MA ini diduga melanggar pasal 286 KUHP Barang siapa bersetubuh dengan seorang wanita di luar perkawinan, padahal diketahui bahwa wanita itu dalam keadaan pingsan atau tidak berdaya, diancam dengan pidana penjara paling lama 9 tahun. Sedangkan satu pelaku lainnya berinisial YP diduga melanggar pasal 81 ayat 1 jo pasal 76 E UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak, perubahan atas UU RI no.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, perubahan atas UU RI No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak jo Pasal UU RI No.17 tahun 2016 tentang penetapan Perpu No.1 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2002 tentang perindungan anak menjadi Undang-Undang.
    “Pelaku YP terancaman kurungan penjara selama 15 tahun. Saat ini kita masih melakukan penyidikan, ya kita tunggu saja perkembangannya nanti,” tutupnya. (arp)