Beranda Nasional Pembatasan Dinas Luar Daerah Tunggu Petunjuk Bupati

Pembatasan Dinas Luar Daerah Tunggu Petunjuk Bupati

174
Ilustrasi Perjalanan Dinas

LEBONG – Pemerintah pusat resmi membatasi kegiatan bepergian ke luar daerah dan atau cuti bagi PNS pada hari-hari kerja dan pada minggu yang sama dengan hari libur nasional, baik sebelum dan atau sesudah hari libur nasional, namun hingga saat ini BKPSDM Lebong masih menunggu petunjuk Bupati terkait dengan pembatasan kegiatan luar daerah dijajaran Pemkab Lebong.
Plt. Kepala BKPSDM Lebong, Hj. Nelawati, SP, MM, mengaku jika edaran tersebut sudah diterima pihaknya. Namun, untuk menindaklanjuti aturan ini dan memberlakukannya dijajaran Pemkab Lebong pihaknya masih menunggu petunjuk Bupati Lebong, Kopli Ansori.
“Akan kita koordinasikan dulu dengan pimpinan (Bupati, red) terkait dengan penerapannya di jajaran Pemkab Lebong. Jika sudah ada petunjuk dari Bupati, baru kemudian kita akan sampaikan edaran ke seluruh OPD,” katanya.
Dijelaskannya, edaran ini disampaikan dalam rangka rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang berpotensi meningkat dikarenakan perjalanan orang dalam masa pandemi Covid-19, karena itu perlu dilakukan pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan atau cuti bagi Pegawai Aparatur Sipil Nagara selama hari libur nasional tahun 2021 dalam masa pandemi Covid-19.
“Pembatasan ini diberlakukan bagi ASN agar tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah selama har libur nasional tahun 2021 dan pada hari-hari kerja lainnya pada minggu yang sama dengan hari libur nasional, baik sebelum dan/atau sesudah hari libur nasional,” jelasnya.
Sementara itu, beberapa point penting dalam edaran yang ditandatangani Menpan RB, Tjahjo Kumolo ini diantaranya ASN dilarang melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah selama hari libur nasional 2021 dan pada hari-hari kerja lainnya pada minggu yang sama dengan hari libur nasional, baik sebelum dan/atau sesudah hari libur nasional. Pengecualian berlaku bagi ASN yang dalam keadaan darurat perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan telah mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian (PPK) di instansinya. Kedua, pembatasan cuti pada saat sebelum dan/atau sesudah hari libur nasional pada minggu yang sama. Poin berikutnya adalah upaya pencegahan Covid-19 yang dipelopori oleh ASN dan disiplin pegawai. ASN wajib melaksanakan perilaku hidup bersih, sehat, dan menjadi contoh dalam menerapkan 5M dan 3T yakni menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas serta melakukan langkah pencegahan yakni adalah testing, tracing, dan treatment (3T).(wlk)