Beranda Nasional Pembayaran PBB-P2 Dirancang Via Mobile Banking

Pembayaran PBB-P2 Dirancang Via Mobile Banking

225
Kabid Pendapatan BKD Lebong berkoordinasi dengan pihak Bank Bengkulu yang bakal menjadi mitra untuk menerapkan penagihan PBB-P2 melalui mobile banking.

LEBONG – Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) di Kabupaten Lebong agaknya masih belum maksimal tertagih. Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong berencana mengalihkan proses pembayaran PBB-P2 ini via mobile banking bekerja sama dengan Bank Bengkulu Cabang Muara Aman.
Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si melalui Kabid Pendapatan, Rudi Hartono, SE, M.Ak, mengaku jika kemarin (16/2) pihaknya bersama Bank Bengkulu telah menyetujui rencana tersebut. Hanya saja, rencana ini mesti ditindaklanjuti dengan regulasi lebih dulu.
“Rencananya penerapan sistem ini akan dilakukan dalam tahun ini, tapi kita mesti selesaikan dulu regulasinya,” ungkap Rudi.
Selain itu, lanjutnya, rencana pembayaran PBB-P2 via mobile banking ini diharapkan dapat memaksimalkan penyetoran. Terlebih pembayaran ini lebih mudahkan objek pajak untuk melakukan penyetoran. Disamping memudahkan penyetoran, ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB-P2.
“Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan realisasi PBB-P2. Jika selama ini objek pajak susah ditemui karena berada diluar daerah dengan adanya sistem ini akan bisa memudahkan melakukan pembayaran PBB-P2,” singkatnya. (wlk)