Beranda Bito Sadei Pemdes Semelako II Tetapkan Penerima BLT DD

Pemdes Semelako II Tetapkan Penerima BLT DD

159

LEBONG TENGAH – Kemarin, (27/01) Pemerintah Desa (Pemdes) Semelako II Kecamatan Lebong tengah, melaksanakan kegiatan musyawarah desa (musdes) terkait penetapan calon penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun anggaran 2021. Dimana, penyaluran bantuan BLT DD yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 lalu atas intruksi pemerintah pusat masih akan tetap dilanjutkan yang akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu terdampak pandemi Covid-19.

Namun, untuk nominal bantuan yang akan diberikan kepada setiap penerima berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, masing-masing penerima hanya akan menerima sebesar Rp 300 ribu rupiah per satu bulannya selama 12 bulan, terhitung Januari hingga Desember 2021 mendatang.

Pjs. Kades Semelako II Rison Pantori menjelaskan bahwa musdes yang dilaksanakan pihak tersebut, bertujuan untuk menentukan calon penerima BLT DD yang memang benar-benar dianggap layak untuk mendapatkan bantuan. Maka dari itu, mereka yang ditetapkan sebagai penerima BLT harus melalui musyawarah yang disetujui oleh perangkat desa dan warga desa lainnya. Dengan begitu, akan dapat menghindari ketidak tepat sasarannya penerima bantuan yang dapat menimbulkan kecemburuan.

“Musdes ini dilaksanakan untuk menentukan calon penerima BLT yang memang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan pemerintah. Tentunya, penetapan para penerima itu kami melibatkan pihak Kecamatan, PDDT, Perangkat Desa, agar mereka (penerima,red) yang ditetapkan adalah benar-benar penerima yang ditetapkan melalui musdes,” kata Rison.

Lanjtnya, berdasarkan hasil musdes penerima BLT DD ditahun 2020 lalu sebanyak 42 KPM, namun di tahun 2021 ini terdapat 3 penerima telah meninggal dunia, maka berdasarkan keputusan bersama jumlah penerima di tahun 2021 mengalami penambahan sebanyak 36 KPM, sehingga total keseluruhan menjadi 78 KPM.

“Berdasarkan keputusan bersama melalui musdes, penerima BLT DD mengalami penambahan, sehingga jumlah penerima bantuan tahun ini lebbih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan adanya KPM penerima BLT DD, saya sudah mengintruksikan Kadus untuk melengkapi NIK KTP dan KK mereka yang ditambah sebagai penerima manfaat,” ujarnya.

Ditambahkan Rison, untuk syarat dan kriteria penerima bantuan ini diantaranya, warga yang berdomisili di desa Semelako II, warga yang kurang mampu dan warga yang tidak terdaftar dari bantuan lain. Sementara dilihat dari warga yang ditetapkan sebagai penerima adalah warga yang ekonomi lemah, lansia, sakit, serta janda dan pastinya berdomisili di desa Semelako II.

“Semoga bantuan yang akan diterima warga ini nantinya dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan warga ditengah mengahadpi masa pandemi Covid-19,” demikian Rison Pantori. (cw2)