Beranda Bito Sadei Pemdes Sukau Rajo Gelar Pemilihan BPD

Pemdes Sukau Rajo Gelar Pemilihan BPD

147
Jalannya proses penghitungan suara dari hasil pemilihan BPD baru priode 2021-2027 di desa Sukau Rajo Kecamatan Amen.

AMEN – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukau Rajo Kecamatan Amen, Minggu, (14/2) pagi melaksanakan kegiatan pemilihan angggota Badan Permusyawarakatan Desa (BPD) priode 2021-2027. Pemilihan tersebut diikuti sebanyak 10 calon kandidat anggota BPD yang akan bersaing memperebutkan 5 kursi BPD desa Sukau Rajo. Dimana dari 10 orang calon itu hanya 5 orang suara terbanyak yang bakal menjadi anggota BPD didesa setempat.

Pantauan lapangan dari hasil pemilihan anggota BPD desa Sukau Rajo yang telah dilaksanakan yaitu nomor urut 1 Elvi Sukartih berhasil meraih 18 suara, nomor urut 2 Nurzela Sidabutar 3 suara, nomor urut 3 Berri Habibi 10 suara, nomor urut 4 Tira Peronika 21 suara, nomor urut 5 Suhaida 16 suara, nomor urut 6 Edwar Ansyori 18 suara, nomor urut 7 Eti Yulianti 18 suara, nomor urut 8 Eduar Erlando 9 suara, nomor urut 9 Siska Siswanti 8 suara, nomor urut 10 Rensi Maryanti 7 suara.

Kades Heriyanto yang didampingi oleh ketua pelaksanaan pemilihan anggota BPD Frofra Yudi mengatakan pelaksanaan pemilihan anggota BPD berjalan lancar, kegiatan ini dilakukan mulai dari pukul 07,30 WIB hingga pukul 12.00 WIB. anggota BPD periode 2021-2027 yang terpilih yakni suara terbanyak yang pertama nomor urut 4 Tira Peronika 21 suara, dam disusul nomor urut 1 Elvi Sukartih 18 suara, nomor urut 6 Edwar Ansyori 18 suara, nomor urut 7 Eti Yulianti 18 suara, dan suara terbanyak ke lima nomor urut 5 Suhaida 16 suara. lima orang tersebut yang terpilih dengan suara terbanyak.

“Lima orang ini yang memperoleh suara terbanyak yang menjadi anggota BPD desa Sukau Rajo untuk priode 2021-2027,” ucap Kades.

Lebih Jauh Heriyanto menyampaikan untuk jumlah pemilih yang ditetapkan oleh panitia sebanyak 133 mata pilih dengan keterwakilan kepala Keluarga (KK) yang berdosimilih desa sukau rajo,dalam pemilihan berdasarkan KK, satu KK ada satu yang menggunakan hak Pilih, jika suami tidak memilih boleh diwakilkan oleh istri namun tidak diperbolehkan diwakili oleh anak untuk menggunakan hak pilihnya. sementara itu surat suara yang panitia siapkan berjumlah 150 lembar surat suara, dan sebanyak 21 surat suara tidak digunakan.

“Jadi jumlah surat suara yang digunakan sebanyak 129 lembar surat suara, suara sah berjumlah 128 suara kemudian suara yang tidak sah 1 suara dari jumlah 133 mata pilih yang tetapkan oleh panitia sebanyak 4 orang yang tidak menyalurkan hak pilihnya,” jelasnya.

Dalam proses pelaksanaan pemilihan anggota BPD kita melaksanakan sesuai dengan mematuhi protokol kesehartan (Prokes). nantinya dari hasil kegiatan pemilihan BPD akan kita langsung sampaikan ke pihak kecamatan rencananya hari ini kita sampaikan hasil ke kecamatan yang akan diteruskan penyampaian ini ke pihak Dinas PMDSos untuk ditindaklanjuti ke proses pembuatan Surat Keputusan (SK). untuk menentukan ketua dan wakil ketua serta sekretaris kita kembalikan ke pihak anggota BPD terpilih. untuk pelantikan anggota BPD terpilih kita menunggu SK dari Bupati lebong yang Baru.

“Semoga anggota BPD yang terpilih bisa bersinergi dengan perangkat desa serta masyarakat untuk membangun desa sukau rajo yang lebih baik lagi,” demikian Heriyanto. (bye)