Beranda Bengkulu Utara Pemkab BU Raih Penghargaan SAKIP Predikat B

Pemkab BU Raih Penghargaan SAKIP Predikat B

142
Sekda yang hadir pada pemberian penghargaan, menunjukkan penghargaan SKIP

BENGKULU UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara kembali meraih penghargaan sebagai pemerintah terbaik dalam menjalankan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020, Kamis (22/4). Penghargaan tersebut diberi nilai Reformasi Birokrasi (RB) dengan kategori predikat “B” pada ajang SAKIP RB AWARD 2020 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) di Hotel Bidakara Jakarta.
Diketahui, tujuan evaluasi, menilai kemajuan pelaksanaan program reformasi birokrasi dalam rangka mencapai sasaran yaitu, birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel serta pelayanan publik yang prima.
“Selain itu, evaluasi ini juga bertujuan untuk memberikan saran perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas penerapan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara,” ujar Sekda BU Dr. Haryadi, S.Pd, MM, M.Si
Kemudian dalam kesempatan ini, Haryadi juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dalam hal ini adalah Bupati dan Wakil Bupati, serta kerjasama dan dukungan dari seluruh OPD.
“Semoga kedepannya hasil ini dapat lebih kita tingkatkan lagi,” demikian Haryadi.
Sementara itu, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, dalam sambutannya menyampaikan, evaluasi SAKIP dan RB dilakukan sebagai upaya membuat birokrasi lebih adaptif, dan kuncinya percepatan pemberian pelayanan kepada masyarakat. Diharapkan, evaluasi ini dapat mendorong instansi pemerintah melakukan evaluasi untuk memetakan progres dan tingkat efisiensi anggaran.
“Kami memberikan apresiasi pemerintah daerah yang telah sungguh sungguh melakukan reformasi birokrasi di daerah,” singkatnya.
Untuk diketahui, Dari 11 Peserta di Provinsi Bengkulu, hanya 4 daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu yang mendapat predikat B untuk SAKIP dan 3 daerah yang mendapat Predikat B untuk Kategori RB, dan Bengkulu Utara masing-masing mendapat Predikat B. Sebagaimana diketahui Kementerian PANRB pada tahun 2020 telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi terhadap instansi pemerintah. Pelaksanaan evaluasi ini sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan PermenPAN RB Nomor 26 Tahun 2020 tentang Evaluasi Pelaksanaan RB. (aer)