Beranda Nasional Pemkab Evaluasi Penggunaan SIPD

Pemkab Evaluasi Penggunaan SIPD

203
Robert

LEBONG – Pemkab Lebong belum lama ini menggelar evaluasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang sebelumnya menemui banyak kendala. Evaluasi penggunaan aplikasi SIPD ini dihadiri langsung oleh Bupati Kopli Ansori dan Wakil Bupati Drs. Fahrurrozi, M.Pd, bersama TAPD yang dilaksanakan di aula Bappeda Lebong.
Plt. Kepala Bappeda Lebong, Drs. Robert Rio Mantovani menjelaskan evaluasi ini dilakukan untuk menginvetarisir persoalan yang terjadi dalam penggunaan aplikasi tersebut. Diakuinya, pada penggunaan aplikasi ini banyak ditemukan adanya kendala terlebih pada penyusunan perencanaan kegiatan yang merupakan titik awal proses SIPD.
“Dengan evaluasi ini, diharapkan kendala-kendala yang ditemui selama ini bisa dipecahkan bersama. Sehingga, pelaksanaan SIPD ini tidak menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan OPD,” ungkapnya.
Meski mengaku lebih ringan dalam penyusunan perencanaan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, namun hal ini tentunya juga harus dirasakan oleh OPD lainnya dijajaran Pemkab Lebong. Sehingga, pelaksanaan kegiatan pembangunan termasuk juga pelayanan masyarakat tidak menjadi terganggu.
“Kalau kami (Bappeda, red) merasa diringankan dengan aplikasi ini terlebih dari sisi perencanaan. Tapi ini juga harus dirasakan oleh OPD lainnya, agar realisasi kegiatan tidak menjadi kendala seperti yang terjadi selama ini,” terangnya.
Sementara itu, Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi STTP, MSi, memastikan jika penggunaan aplikasi SIPD ini masih akan tetap diberlakukan sesuai dengan Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang SIPD meski ada beberapa kendala yang dihadapi.
“Memang belum sepenuhnya kita memahami aplikasi SIPD ini, namun kita masih akan tetap menggunakan aplikasi ini. Kalaupun nantinya ditemukan adanya kendala, hal ini akan kita sampaikan ke pemilik aplikasi dalam hal ini Kemendagri,” kata Erik.
Disamping itu, aplikasi SIPD ini juga masih dalam proses pengembangan oleh Kemendari RI karena masih belum begitu sempurna. “Semoga dengan evaluasi ini, kendala-kendala yang dihadapi selama ini bisa tuntas. Dan penggunaan aplikasi ini tidak lagi menganggu kegiatan OPD,” singkatnya. (cw1)