Beranda Nasional Pemkab Lebong Pertahankan Penghargaan SAKIP Predikat B

Pemkab Lebong Pertahankan Penghargaan SAKIP Predikat B

148
Sekda, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si menerima penghargaan SAKIP Predikat B dari Kemenpan-RB.

LEBONG – Upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja yang dilakukan Pemkab Lebong saat ini membuahkan hasil yang cukup membanggakan. Bagaimana tidak, dari hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, Pemkab Lebong berhasil mempertahankan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Predikat B tahun 2020. Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, ini diterima langsung oleh Sekda Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si di Jakarta kemarin (22/4).
“Penghargaan ini merupakan komitmen kita dalam meningkatkan pelayanan maupun kinerja pemerintah sesuai dengan instruksi pemerintah pusat yang menekankan bahwa birokrasi harus bekerja dengan memanfaatkan anggaran dengan efektif dan efisian, di tengah semakin banyaknya kebutuhan pembangunan. Dengan menerapkan SAKIP, pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran,” kata Mustarani.
Selain itu, lanjutnya, Pemkab Lebong mendapatkan penghargaan tambahan pada bidang pelaksanaan reformasi birokrasi. Indikatornya adalah tingginya indeks reformasi dan birokrasi intansi pemerintah sehingga berkontribusi pada capaian pembangunan nasional.
“Tingginya nilai akuntibilitas kinerja ini membuat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran menjadi lebih efektif,” ujarnya.
Meski berhasil mempertahankan SAKIP Predikat B, tambahnya, namun ditargetkan kedepan Pemkab Lebong dapat terus berbenah sehingga dapat meraih SAKIP predikat A. “Untuk mencapai hal ini, tentunya harus ada kerja sama dan dukungan semua pihak, agar pelayanan dan kinerja yang dilaksanakan pemerintah sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah pusat. Sehingga, penggunaan anggaran menjadi lebih efektif dan mencapai sasaran yang diinginkan,” harapnya. (wlk)