Beranda Nasional Pemkab Resmi Naikkan Gaji Perangkat Desa

Pemkab Resmi Naikkan Gaji Perangkat Desa

131

LEBONG – Akhirnya, Pemkab Lebong resmi menaikkan gaji atau penghasilan tetap (siltap) Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa dalam desa sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2019 turunan dari UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Kenaikan gaji Kades dan Perangkat Desa ini setara dengan gaji ASN golongan IIa.
Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si, melalui Kabid Pembedayaraan Masyarakat Desa (PMD), Eko Budi Santoso, SP, M.Eng, menjelaskan meski Alokasi Dana Desa (ADD) turun namun kondisi ini tidak mempengaruhi rencana Pemkab Lebong untuk menaikkan gaji kades dan perangkat desa sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2019.
“Pelaksanaan teknis PP ini diatur dalam Perbup Nomor 53 Tahun 2020, jadi mulai ditahun ini gaji perangkat desa itu sudah resmi naik,” kata Eko.
Dijelaskannya, gaji perangkat desa ditetapkan naik setara gaji ASN golongan IIa, Sekretaris Desa (Sekdes) 110 persen, Kaur, Kasi dan Kadus setara dengan golong IIa sebesar Rp 2.200.000 ribu.
“Kenaikan gaji perangkat desa ini tentu ada konsekuensinya terhadap beberapa kegiatan desa yang bersumber dari ADD itu sendiri. Karena pagu ADD ditahun ini mengalami penurunan dari pagu ADD sebelumnya mencapai Rp 43 miliar, maka ditahun 2021 turun menjadi Rp 39 miliar. Artinya ada beberapa peruntukan ADD yang harus dikurangi pemdes, contohnya seperti kegiatan pembinaan,” lanjutnya.
Eko menambahkan, penerapan Perbub ini tergantung pada pemdes masing-masing. Apakah akan diterapkan selama 12 bulan atau hanya beberapa bulan saja, semuanya dikembalikan pada keputusan pemdes.
“Dalam mengakomodir Siltap perangkat desa tergantung masing-masing desa, sejauh mana kemampuannya untuk menerapkan PP 11. Tapi harus rembuk dan diketahui secara bersama, ” demikian Eko. (wlk)