Beranda Nasional Pemkab Siap Bayarkan TPP 2 Bulan Sekaligus

Pemkab Siap Bayarkan TPP 2 Bulan Sekaligus

327
TPP Desember Dibayar Tahun Depan
TPP Desember Dibayar Tahun Depan

LEBONG – Pemerintah Kabupaten Lebong memastikan siap membayarkan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) 2 bulan sekaligus untuk periode Mei dan Juni yang diperuntukkan bagi 1.605 Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkab Lebong.

Plt. Kepala BKPSDM Lebong, Hj. Nelawati SP,MM melalui Kabid PKA Hairudin, SE, M.Ap didampingi Kasubbid Pengembangan Kompetensi, Disiplin dan Penghargaan Dian Apriance, A.Md mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong. Jadi, untuk TPP ASN periode bulan Mei dan Juni akan dibayarkan pada Juli 2021 mendatang.

” Masing-masing OPD sudah bisa menyerahkan berkas pengajuan ke kantor BKPSDM Lebong tertanggal 1 Juli sampai dengan 9 Juli 2021 mendatang,”kata Wince.

Sementara untuk proses pencairan TPP di BKD, tambah Wince, akan dimulai pada tanggal 12 sampai sengan 15 Juli mendatang. Dimana, diimbau masing-masing OPD agar mulai mempersiapkan berkas persyaratan pengajuan TPP meliputi 18 poin yang nantinya akan dilakukan verifikasi di kantor BKPSDM Lebong, sebelum dikeluarkan rekomendasi untuk melakukan proses pencairan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong.

“Mengingat TPP bulan Mei belum juga dibayarkan, diharapkan agar masing-masing OPD dapat mempersiapkan berkas prsyaratan yang dimaksud mulai dari jauh hari. Karena, jika berkas yang dimaksud nantinya tidak diserahkan diatas tanggal 9 Juli, maka dipastikan TPP tidak bisa dicairkan dan dinyatakan hangus, ” jelasnya.

Terpisah, Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si menjelaskan bahwa, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) pembayaran TTP ASN dilingkup Pemkab Lebong akan dibayarkan setiap tanggal 15 dalam setiap bulannya, namun mengingat TPP bulan Mei sudah melewati tanggal 15 sehingga akan dibayarkan bulan Juli mendatang sekaligus TPP periode Juni.

“Jadi untuk TPP periode Mei akn dirapel dengan bulan Juni yang nantinya akan dibayar bulan Juli mendatang, ” kata Erik.

Lebih jauh, Erik menerangkan, saat ini untuk anggaran pembayaran TPP bagi 1.605 ASN di lingkup Pemkab Lebong masih tersisa sebesar Rp 10 miliar dari total anggaran sebelumnya senilai Rp 22 miliar. Maka, dengan sisa anggaran tersebut diprediksikan kemampuan keuangan Pemkab Lebong hanya mampu membayar sampai bulan Agustus 2021 mendatang.

“Dari sisa anggaran 10 miliar itu nantinya tergantung dengan realisasi serapan pembayaran TPP ASN yang akan dilihat dari keaktifan masing-masing ASN. Apabila anggaran tersebut masih tersisa banyak maka cukup untuk membatyar sampai akhir tahun 2021,” lanjutnya.

Erik menambahkan, sesuai dengan penghitungan yang dilajukan oleh pihaknya, dari total sebanyak 1.605 ASN yang menerima TPP. Jika hadir pull 100 persen dalam satu bulannya, maka anggaran pembayaran TPP dalam satu bulan menyerap sebesar Rp 3,2 miliar.

“Kalau pembayaran TPP empat bulan lalu Januari hingga April sudah terealisasi kurang lebih Rp 11 miliar dari total Rp 22 miliar yang sudah disiapkan Pemkab Lebong. Itupun karena banyak ASN yang tidak hadir pull 100 persen, ” tutupnya. (wlk)