Beranda Nasional Pemkab Wacanakan Tanggung Honor Perangkat Agama

Pemkab Wacanakan Tanggung Honor Perangkat Agama

332

LEBONG – Pemkab Lebong berencana untuk mengambil alih perangkat agama yang tersebar di 93 desa dan 11 kelurahan dalam Kabupaten Lebong. Diketahui, selama ini honor perangkat agama dibayarkan oleh pemerintah desa dan kelurahan.
Kabag Kesejahteraan Sosial (Kesos) Setdakab Lebong, Fabil Rozak, S.Ag, mengaku jika saat ini tengah dilakukan regulasi rencana tersebut dengan tetap mempertimbangkan kondisi keuangan daerah. Jika nantinya memungkinkan, maka honor perangkat agama dalam Kabupaten Lebong akan diusulkan dalam RAPBD-Perubahan 2021 atau RAPBD 2022 mendatang.
“Ini keinginan dari pak Bupati, agar bisa meringankan beban pemerintah desa atau kelurahan dalam menyiapkan honor perangkat agama,” ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, jika memang diakomodir nantinya perangkat agama yang bakal menerima honor dari APBD Lebong ini diantaranya adalah imam, gharim, khotib, bilal, rubiyah serta guru mengaji. Bahkan, jika kondisi anggaran memungkinkan tidak menutup kemungkinan honor perangkat agama ini nilainya lebih besar dibandingkat dengan honor yang dibayarkan melalui desa atau kelurahan.
“Saat ini masih kita godok, dan instruksi Bupati agar honor perangkat agama ini lebih besar jumlahnya. Misal, jika saat dibayarkan desa honor mereka ini Rp 750 ribu, akan dinominalkan menjadi Rp 800 ribu perbulan,” bebernya.
Ditambahkannya, terkait dengan rencana ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, salah satunya mengenai ketersediaan anggaran.
“Ini baru rencana, artinya masih akan dibahas lebih lanjut sebelum diterapkan,” pungkasnya. (wlk)