Beranda Bito Sadei Pendataan SDGs Desa Tabeak Belau Mulai Dilaksanakan

Pendataan SDGs Desa Tabeak Belau Mulai Dilaksanakan

141
Tim pokja pada saat melakukan pendataan SDGs desa secara online.

LEBONG ATAS – Pendataan SDGs Desa Tabeak Belau Kecamatan Lebong Atas, saat ini sudah mulai berlangsung proses pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Tahun 2021. Seperti yang disampaikan
Pendamping Desa, Era mengatakan bahwa untuk pendataan SDGs di desa Tabeak Belau sudah mulai berjalan.

Pendataan SDGs sendiri bertujuan untuk peningkatan pembangunan berkelanjutan atau pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level keluarga dan warga. Pemutakhiran data SDGs Desa 2021 dilaksanakan sejak tanggal 1 Maret 2021 sampai dengan 31 Mei 2021.

“Untuk Proses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Berbasis SDGs Oleh Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Tahun 2021, saat ini memang sedang berlangsung di wilayah Pemerintah Desa Tabeak Belau dan Desa yang lainnya khususnya di kecamatan lebong atas, jadi saat ini petugas sedang menjalankan pendataan dari rumah ke rumah dan data global di laksanakan di balai desa tabeak belau dan untuk menyukseskan pendataan IDM tersebut,” ungkap Era saat dikonfirmasi Radar Lebong pada Rabu, (14/4).

Lanjutnya, dalam menjalankan prosesnya, pihak pemdes dan pendamping desa dan perangkat melaksanakan secara Offline setelah di lakukan secara Offline seluruh perangkat desa mengubah data yang telah di ambil secara Offline dan perangkat bekerja sama melakukan pendataan SDGs desa Tabeak belau menjadi Online dengan mengambil data mentah melalui secara tertulis dan setelah itu dari pendamping desa mengajar perangkat desa melalui Aplikasi SDGs berhubung sebagian di wilayah Desa Tabeak belau, terkendala sebagian ibu tidak bisa menggunakan android. Setelah diambil data mentahnya baru di Onlinekan secara keseluruhan melalui Aplikasi SDGs.

“Untuk mensukseskan pendataan tahun 2021 ini maka atas nama pihak Pendamping Desa kami mengharapkan kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat Desa Sukau kayo agar dapat menerima Tim Pendata di rumah masing-masing dan memberi data yang akurat, data yang otentik sesuai dengan Fakta yang ada demi kelancaraan Proses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun,” katanya.

Dijelaskannya, sesuai dengan informasi dari tim relawan, dari total jumlah penduduk di desa Tabeak belau, hampir setengahnya sudah terdata oleh pokja relawan pendataan desa tahun 2021. Dari data terdahulu, terdapat jumlah penduduk lebih dari 900 jiwa. tentunya setelah melalui pendataan terbaru akan diperoleh jumlah akurat penduduk desa tabeak belau per 2021.

“Kepada Tim pendataan kami mengimbau agar bekerja secara sungguh-sungguh, mengambil data dengan realita di lapangan serta bekerja secara profesional dan disiplin aturan,” tutupnya. (ae3)