Beranda Nasional Pengembalian TGR Satpol PP di Perpanjang 1 Tahun

Pengembalian TGR Satpol PP di Perpanjang 1 Tahun

300
Muhammad Zaki

LEBONG – Pengembalian Tuntutan Ganti Rugi (TGR) atas LKPD Lebong tahun anggaran 2016 tampaknya belum sepenuhnya tuntas meskipun beberapa waktu lalu pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong sudah turun tangan untuk membantu pengembalian potensi kerugian negara tersebut.

Salah satunya pada Dinas Satpol PP Lebong yang diberikan perpanjangan waktu pengembalian selama 1 tahun oleh Kejari Lebong dengan sisa TGR sebesar Rp 30 juta.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lebong, Arief Indra Kusuma Adhi, SH, M.Hum, melalui Kasi Intelijen, Muhammad Zaki, SH, mengungkapkan sejauh ini pengembalian TGR dari Dinas Satpol PP Lebong sudah dilakukan sebesar Rp 50 juta dari total TGR sebesar Rp 80 juta seperti disebutkan BPK RI dalam LKPD Pemkab Lebong tahun anggaran 2016.

Artinya, saat ini TGR Dinas Satpol PP Lebong ini masih menyisakan kekurangan sebesar Rp 30 juta yang belum dikembalikan ke kas daerah.

“Mengingat adanya itikad baik dari OPD terkait untuk mengembalikan TGR ini, maka kita memberikan perpanjangan waktu pengembalian sisa TGR yang belum dikembalikan ini selama 1 tahun atau akan berakhir pada Desember 2021 mendatang,” katanya.

Dirinya pun memastikan jika perkara ini akan tetap ditangani Seksi Intelijen Kejari Lebong. Hal ini dilakukan karena pengembalian TGR atas temuan pemeriksaan BPK RI terhadap LKPD Lebong tahun anggaran 2016 sudah lebih dari setengah dan OPD terkait juga dinilai kooperatif menyampaikan laporan ke Kejari Lebong.

“Dengan adanya itikat baik serta sudah koperatifnya Satpol PP untuk melunasi TGR kerugian negara ini, maka status perkaranya tidak akan kita naikan dan tetap ditangani oleh Intelijen, ” singkatnya. (wlk)